Minggu, 01 Maret 2015

Kecepatan Akses dan Perangkat Keras Internet dan Intranet



Kecepatan Akses dan Perangkat Keras Internet dan Intranet


a.      Kecepatan Akses Internet
1.      Ukuran Kecepatan Akses Internet
Internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth) yang merupakan ukuran dari besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya semakin besar.

Satuan kecepatan akses Internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second ). 1 kilobits sama dengan 1.000 bits dan 1 megabits sama dengan 1.000.000 bits. Misalnya, kecepatan akses Internet suatu komputer adalah 56 Kbps. Artinya, komputer tersebut dapat mendownload data sebesar 56 Kb dalam waktu 1 detik.

Pada kenyataannya, kecepatan akses Internet dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor yang mempengaruhikecepatan akses Internet diantaranya adalah:
-          Kecepatan komputer pelanggan.
-          Kepadatan lalu lintas Internet sepanjang rute yang dilalui.
-          Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
-          Jumlah yang mengakses server secara bersamaan.
-          Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan menakse

2.      Saluran-saluran Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya
-          Saluran telepon rumah
Akses internetnya memerlukan bantuan modem untuk mengubah signal digital ke analog dan sebaliknya. Kecepatan berkisar 28,8 kbps hingga 56 kbps

-          ISDN ( Integrated Service Digital Network )




ISDN merupak layanan telepon digital yang berkecepatan tinggi. ISDN memberikan kemungkinan akses internet cepat dengan kecepatan hingga 128 kbps.
-          HDSL (High Data Rate Digital subscriber Lines)
 
HDSL merupakan sistem yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi, 1,544 Mbps hingga 2,048 Mbps menggunakan saluran kawat twisted pair.




-          SDSL ( Symetrical Digital Subscriber Line )


Disebut Symetric karena kecepatan aliran data untuk upload sma dengan download. Jangkauan SDSL tak lebih dari 3 km, dimana pada jarak tersebut kecepatan aliran datanya dapat mencapai 6 Mbps (rata-rata kecvepatannya 1,54 Mbps - 2,048 Mbps ) Saluran ini sangat cocok untuk kompleks perumahan.

-          ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line )

 Disebut asymetric karena kecepatan upload dan download berbeda. kecepatan upstream mencapai 8 Mbps dan downstream 1 Mbps dengan jangkauan kabel maksimum 5,5 km.

-          VDSL (Very High bit Rate Digital Subscriber Line)

VDSL dapat mengirimkan dazta dengan kecepatan 1,6 Mbps pada jarak maksimum 900 m. Oleh karena kecepatanyya yang tinggi , VDSL memerlukan serat optik untuk trnsmisi data. Serat optik memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi daripada kabel tembaga biasa.

-          VSAT ( Very small Aperture Terminal)


VSAT merupakan pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet dimana tidak ada infrastruktur lain seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak juga telepon.VSAT berbentuk seperti piringan yang menghadap kelangit.

-          Radio Paket


Radio paket merupakan suatu bentuk komunikasi data/ aplikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi. Untuk mengakses internet menggunakan radio paket kita harus menggunakan modem khusus untuk untuk radio.

-          TV Kabel
Kecepatan transmisi data dapat mencapai 38 Mbp

-          Kabel Listrik (PLC/Power Line Communication)
Media ini mampu menyediakan akses internet dengan kecepatan 10 Mpbs dengan konsep melalui kabel listrik berkat riset dan inovasi terbaru.
Secara khusus, frekuensi sinyal daya listrik dalam range 50/60 Hz yang sinyal data ini dapat dinaikan sampai 500/600 Hz


-          Teknologi WAP (Wireless Application Protocol)

 WAP adalah sebuah protokol yang memungkinkan para pengguna telepon genggam dapat mengakses layan-layanan online internet dengan menggunakan built-in browser pada ponsel

-          GPRS (General Packet Radio Service)

 Teknologi GPRS memungkinkan orang dapat mengakses internet dimanapun berada selama sinyal GPRS tersebut ada.

-          WiFi (Wireless Fidelity)

WiFi adalah standart teknologi wireless yang mampu menyediakan akses internet dengan bandwidth besar, kecepatannya mencapai 11Mbps. WiFi merupakan alat teknologi tanpa kabel yang bekerja seperti telepon selular di dalam dan di luar rumah namun masih dalam radius jarak dari base station.

b.      Perangkat Keras (Hardware) Akses Internet/Intranet
1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Adapun spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai  berikut :Komputer minimal Pentium III dengan menggunakan processor 500 MHz (Mega Hertz)
1.       RAM (Random Access Momory), minimal 64 Mb (Mega bytes)
2.       RAM juga disebut memory yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan masukan data dan perintah yang bersifat sementara.
2. Monitor

Monitor merupakan perangkat keluaran yang menampilakan perintah/data yang dimasukkan. Oleh karena itu informasi yang diproses oleh komputer dapat dilihat lewat komputer. Saat ini banyak macamnya monitor yang digunakan dari monitor yang masih menggunakan tabung sampai yang berbentuk LCD.

3. Memory (RAM)

    Memori yang digunakan dalam komputer biasa disebut RAM (Random Access Memory). RAM dapat membaca/menyimpan/menulis data atau program. RAM yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah minimal 16 MB. Semakin tinggi suatu memory semakin banyak yang dapat ditampung oleh komputer.
     Data pada RAM bersifat volatif yang artinya data akan hilang apabila komputer dimatikan atau terjadi pemadaman listrik.
Sifat dari memory ini adalah sebagai berikut :
·         Temporer, artinya data yang terdapat dalam komputer akan hilang apabila komputer dimatikan.
·         Random, artinya dalam membaca data dilakukan secara acak.
4.  Processor Pentium

Processor berfungsi mengolah semua informasi yang dimasukan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai, dengan demikian semakin tinggi processor semakin cepat pula komputer dalam mengolah perintah.
5. Hardiks

Hardisk merupakan tempat menyimpan program/data yang ada dalam komputer. Harddisk yang digunakan minimal adalah 2 GB. Harddisk yang besar mempengaruhi banyaknya software yang disimpan.
6. Modem

Modem (Modulator Demodulator) merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan line telepon yang berfungsi mengkonfersikan sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan juga sebaliknya. Ketika modem dalam sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem mengubah sinya digital komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal yang diterima dapat dilewatkan melalui kabel telepon
Jenis-jenis modem:
Ø Modem Internal, yaitu modem yang dipasaran  di dalam komputer (CPU).
Ø Modem ekternal, yaitu modem yang dipasang diluar komputer (CPU) yang mana dihubungkan dengan menggunakan kabel USB. 

7. Telepon 
     Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan ISP. Proses tersebut sama dengan proses kita menelpon biasa tetapi jika ada telepon masuk pada saat kita menggunakan modem,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar