Minggu, 01 Maret 2015

Lanjutan Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata



a.       Fungsi-Fungsi Tab Pada Ribbon
Terdiri atas 2 : Standard Tabs dan Contextual Tabs
1.      Standard Tabs
Yaitu :
a.      Tab Home
-          Group Clipboard
clippboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen kedalam dokumen lainnya.

-          Group Font
font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untukpemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakangteks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

-          Group Paragraph
paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memilikikesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Goup Paragraph yaitu:
·         Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
·         Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragrafterpilih
·         Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
·         Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
·         Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
·         Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
·         Sort : untuk menyortir data
·         Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
·         Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
·         Center : untuk mengatur teks rata tengah
·         Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
·         Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
·         Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
·         Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
·         Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.




-          Group Styles
styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

-          Group Editing
editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

b.      Tab Insert
-           Fungsi Icon di Group Pages
tab-insert-pages

Cover Page dibutuhkan saat user ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar MS.
Blank Page digunakan untuk membuat halaman kosong baru. Ini sangat membantu user saat pengelolaan dokumen harus pindah ke halaman baru, padahal baru setengah halaman yang terisi teks.
Break Page sangat dibutuhkan terutama saat user ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman.
-       Fungsi Icon di Group Tables
tab-insert-tables
Insert Table… digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog box.
Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara manual di area dokumen.
Convert Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel.
Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel.
Quick Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini.
-          Fungsi Icon di Group Illustrations
tab-insert-illustrations

Picture merupakan perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media removable lainnya.
Clip Art digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen.
Shapes digunakan untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. SmartArt merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama.

-           Fungsi Icon di Group Links
tab-insert-links
Hyperlink digunakan untuk menghubungkan teks atau teks terpilih dengan file lain.
Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit.
Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file.

-          Fungsi Icon di Group Header & Footer
tab-insert-header-and-footer
Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file.
Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman.

-          Fungsi Icon di Group Text
tab-insert-text
Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik.
Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem.
Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu.

-          Fungsi Icon di Group Symbols
tab-insert-symbols
Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

d.      Tab Page Layout
-           Icon Perintah di Group Themes
tab-page-layout-themes


menu Colors berfungsi untuk memilih warna tema dengan urutan warna secara hierarkis.
Menu Fonts secara spesifik digunakan untuk memilih tema huruf.
Menu Effects bergerak khusus di bidang pemberian tema efek terhadap objek geometris di halaman dokumen.
-          Group Page Setup
tab-page-layout-page-setup
Menu Margins digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
menu Orientations digunakan untuk mengatur posisi kertas sesuai keinginan pengguna.
Menu Size digunakan untuk mengatur ukuran halaman dalam rangka adaptasi dengan kertas yang nantinya akan dijadikan media cetak
Menu Columns digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks pada dokumen yang tengah digarap.
Menu Breaks digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll.
Line Numbers digunakan untuk pengaturan seputar nomor baris dalam dokumen. 
menu Hyphenation digunakan untuk memisah suku kata secara otomatis dengan tanda hubung saat kata kompleks (terdiri lebih dari dua suku kata) berada di akhir baris.

-          Icon Perintah di Group Page Background
tab-page-layout-page-background
Watermark atau tanda air sangat berguna saat suatu dukumen akan dipublikasikan hanya sebagai contoh dari dokumen aslinya. Page Color digunakan untuk mengatur warna latar halaman dokumen tergarap.
Page Border digunakan untuk mengatur garis tepi halaman dokumen.

-          Icon Perintah di Group Paragraph

tab-page-layout-paragraph

 

Indent digunakan untuk mengatur batas teks sebelah kanan dan batas teks sebelah kiri.
Menu Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf, baik dengan paragraf sebelumnya (Before) maupun dengan paragraf sesudahnya (After).

-          Icon Perintah di Group Arrange

tab-page-layout-arrange
Position digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman.
Bring Forward digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya saja.
Send Backward bekerja secara kontradiktif dengan Bring Forward.
Selection Pane memang dipermak demi menjawab kegalauan ini, Aktifkan icon Selection pane, akan muncul panel seleksi di kanan jendela.
Perintah Align digunakan untuk mengatur posisi objek lepas. perintah ini tidak akan aktif bila objek terpilih berada di Wraping “In Line With Text”.
Perintah Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup.
Rotate digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih.

f.       fungsi Icon pada Tab References

references tab

-       Icon Perintah pada Group Table of Contens

reference table of contens
Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Perintah Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. Sedangkan perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi. 

-       Icon Perintah pada Group Footnotes

reference footnotes
Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Sedangkan Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnoteIcon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. 

-       Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography

Icon perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. reference citation & bibliography
Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Sedangkan icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.

-       Icon Perintah pada Group Captions

reference caption
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
Sedangkan icon Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen. Icon Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Icon perintah Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. 

-       Icon Perintah pada Group Index


reference index
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Sedangkan icon Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
g.      Tab Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop
http://it-artikel.com/wp-content/uploads/2013/08/mailings-300x51.jpg
Tab ini terdiri dari sub-sub menu berikut.
Create
Submenu Create terdiri dari ikon-ikon Envelopes dan labels.
Start mail Merge
Submenu Start mail Merge terdiri dari ikon-ikon star mail merge, Select Recipients, dan Edit Recipients List
Write & Insert Fields
Submeni Write & Insert Fields terdiri dari ikon-ikon Highlight Merge Fields, Adress Block, Greeting Line, Insert Merge Field, Rules, Match Fields dan Updet labels.
Preview Result
Submenu Preview Result terdiri dari ikon-ikon View Merged data, First Record, Previous Record, Go to Record, Next Record, Last record, Find recipients dan Auto Check for Errors.
Finish
h.      Tab Review
-          1. Kelompok Proofing
    a. Spelling
        Memeriksa ejaan teks
    b. Research
        Membuka panel penelitian referensi
    c. Thesaurus
        Saran kata yang sepadan
    d. Translate
        Menerjemahkan kata ke bahasa lain

2. Kelompok Comments
    a. Comment
        Memasukkan komentar baru
    b. Delete
        Menghapus komentar
    c. Previous
        Memperlihatkan komentar sebelumnya
    d. Next
        Memperlihatkan komentar selanjutnya
    e. Show/Hide Comment
        Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
    f. Show All Comments
        Perlihatkan semua komentar
    g. Show Ink
        Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja

3. Kelompok Changes
    a. Protect Sheet
        Melindungi lembar kerja
    b. Protect Workbook
       Melindungi buku kerja
    c. Share Workbook
        Berbagi buku kerja
    d. Protect and Share Workbook
        Melindungi dan berbagi buku kerja
    e. Allow Users to Edit Ranges
        Memperbolehkan pengguna mengubah data
     f. Track Changes
        Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
i.        Tab View
-          Grup Workbook views
a.      Print layout untuk menampilkan lembar kerja dalam tampilan tata letaksewaktu tercetak di kertas.
b.      Full Screen Reading untuk menampilkan lembar kerja menjadi satu layar penuh.
c.       Web Layout untuk menampilkan lembar kerja web.
d.      Outline untuk mengatur penataan tampilan aktif menjadi satu jenis tampilan yang di definisikan sendiri
e.      Draf untuk menampilkan lembaran kerja dalam tampilan normal.


2.      Contextual Tabs
a.        Picture Tools – Tab Format
       Tab ini akan muncul jika kita bekerja dengan suatu objek gambar seperti foto, clipart, dan sebagainya. Tab format pada Picture ini berfungsi untuk memberikan variasi dan pengeditan pada gambar dalam dokumen, seperti pemberian style pada gambar, mengubah bentuk gambar, member border atau garis batas dan mengubah efek pada gambar.
       Picture tools – Tab Format ini terdiri dari group Adjust. Picture Styles, Arrange dan Size.

 
b.      Chart Tools – Tab Design
       Tab ini akan muncul jika kita bekerja dengan grafik (chart). Tab ini berfungsi untuk membuat grafik menjadi menarik lagi. Terdiri dari group Type, Data, Chart Layout, Chart Style, Location.


c.           Chart Tools – Tab Layout
       Berfungsi untuk mengatur chart sehingga menyisipkan gambar, maupun penghapusan label pada data, mengubah format sumbu pada chart, dan sebagainya.
       Terdiri dari group: Current Selection, Insert, Labels, Axes, Background, Analysis, Properties.


d.      Chart Tools – Tab Format
       Berfungsi untuk memformat chart seperti mengganti garis chart, membuat wordart pada chart, dan mengubah lebar dan tinggi chart.
       Terdiri dari group : Current Selection, Shape Style, WordArt Style, Arranger, Size.

e.           SmartArt Tools – Tab Design
       Berfungsi untuk mengatur desain SmartArt. Terdiri dari group : Create Graphic, Layouts, SmartArt Style, Reset.


f.           SmartArt Tools – Tab Format
       Berfungsi untuk memformat SmartArt. Terdiri dari group : Shape, Shape Style, WordArt Styles, Arrange, Size.



g.          Drawing Tools – Tab Format
       Berfungsi untuk menyisipkan shape, mengubah shape style, memformat WordArt, mengatur posisi gambar dalam teks dan dokumen, serta menentukan lebar dan tinggi objek atau gambar.
       Terdiri dari group : Insert Shape, Shape Style, WordArt Style, Arrange, Size.



h.       Header & Footer Tools – Tab Design
       Berfungsi untuk mengatur dan memformat nomor halaman, termasuk teks maupun objek yang terdapat pada bagian atas (header) maupun bawah (footer) di setiap halaman dokumen. Header dan Footer juga dapat menampilkan judul tabel atau nama dokumen, nama penulis/pembuat dokumen, tanggal, nama file, dan informasi yang diinginkan.
       Terdiri dari group : Header and Footer, Header & Footer Elements, Insert,Navigation, dan  Option.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar