Minggu, 01 Maret 2015

Mengakses Internet Untuk Memperoleh Informasi



MENGAKSES INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI
a.       Mencari dan Mengelola Informasi di Internet
1.      Pencarian Informasi di Internet
-          Buka Internet Explorer atau Mozilla Firefox, ketik www.google.co.id pada dialog Address dan tekan Enter
-          Ketik kata kunci informasi yang ingin dicari pada dialog pencarian & tekan Enter.
-          Pilih diskripsi yang paling mendekati isi informasi yang dicari dengan cara mengeklik judul yang bergaris bawah, dalam contoh ini yang kita pilih yang paling atas sendiri (Internet-Wikipedia bahasa indonesia .....)
-          Setelah website ditampilkan blok informasi yang dicari, kemudian klik menu Edit klik Copy
-          Buka program Ms. Word, klik menu Edit → Paste, aturlah sedemikian sehingga informasi mudah dipahami. Di bagian bawah tulis nama pengutib/penyadur dan sumber informasinya (Alamat website).
-          Simpan informasi, klik File → Save → ketik nama Filenya → tekan Enter\
-          Keluar dari Ms. Word dan keluar dari Internet Explorer atau Mozilla Firefox dengan cara klik icon close (X) di pojok kanan atas.
2.      Mengelola Informasi Menggunakan Program Aplikasi
-          Pengolahan Teks informas hasil download dari internet yang sudah kalian miliki tentunya belum sepenuhnya sesuai dengan yang kalian inginkan. Supaya sesuai dengan keinginan, editlah file yang sudah kalian miliki tersebut.
-          Pengolahan Gambar selain mengatur teks, kalian juga dapat mengatur gambar yang kalian download dari internet. Gambar tersebut dapat kalian letakkan di antara teks yang ada. Cara pengaturannya pun mudah, hampir sama dengan cara mengolah teks.

b.      Situs-situs yang bermanfaat
-          screenr.com – merekam film atau video dari desktop anda dan mengirimkannya ke youtube. Mestinya anda perlu melakukan beberapa eksperimen disini.
-          prntscr.com – menangkap gambar atau screenshot dari desktop anda untuk anda. Silahkan download softwarenya, install dan dengan menekan tombol prtsc sysrq pada keyboard laptop atau komputer anda
-           goo.gl – mempersingkat URL yang panjang. Situs ini sejenis tinyurl.com, bit.ly dan masih banyak lagi
-           unfurlr.com – Sangat membantu bagi anda yang ingin mengetahui dan menemukan URL asli dibalik short URL yang anda terima.
-          copypastecharacter.com – anda bisa meng-copy spesial karakter yang tidak terdapat pada keyboard. Praktis karena anda tidak perlu menginstall apapun atau bahkan mendownloadnya.
-          followupthen.com – layanan email reminder, membantu mengingatkan jadwal yang telah anda rencanakan agar tidak terlewatkan karena lupa dan lalai
-           iconfinder.com – anda bisa mendapatkan banyak icon dalam segala ukuran
-           wolframalpha.com – situs pintar yang mampu menjawab pertanyaan tanpa browsing.
-          woorank.com – riset website dari perspektif SEO. Praktisi SEO memerlukan hal ini untuk mengetahui sejauh mana hasil dari optimasi yang mereka lakukan.
-           gtmetrix.com – sebuah tool untuk memantau performa website anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar