Minggu, 01 Maret 2015

Penggunaan Menu dan Ikon Pada Pembuatan Dokumen Pengolahan Kata



Penggunaan Menu dan Ikon Pada Pembuatan Dokumen Pengolahan Kata

a.      Penggunaan Menu dan Ikon dalam Tombol Office(Office Button) dan Ribbon
Untuk memodifikasi dokumen seperti penyisipan gambar atau objek, mengatur ukuran kertas, margin, menentukan jenis dan besar huruf, hingga pembuatan daftar isi, indeks, dan mailmerge dapat dilakukan dalam ribbon. Ribbon terdiri dari Tab-Tab yangf berisi atau mengandung berbagai menu dan ikon.

Pada umumnya ribbon terdiri dari Tab Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan Tab View.


b.      Pembuatan dokumen pada pengloah kata microsoft word 2007
1.      Prosedur Membuat Dokumen Baru
-          Langkah yang pertama jika dokumen Microsoft word telah terbuka dan anda ingin membuka dokumen baru, silahkan lanjutkan dengan langkah berikutnya. 
-          Langkah selanjutnya, silahkan klik ikon Microsoft yang terdapat dibagian pojok kiri atas halaman Word. 
-          Dengan begitu, akan muncul beberapa menu, silahkan car menu “New”, menu ini biasanya terdapat diurutan paling atas. 
-          Apabila menu etrsebut sudah di klik, maka anda akan melihat halaman baru terbuka, pada halaman baru silahkan pilih “Blank Document”. 
-          Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Create, dengan dengan begitu dokumen word baru akan dibuat. 
-          Atau cara lain yang lebih praktis adalah dengan menggunakan keyboard shortcut, yakni dengan cara menekan kombinasi tombol CRTL+N pada keyboard. Dengan begitu dokument baru akan mucul dengan sendirinya. Dan kini anda bisa menikmati dokumen tersebut untuk mengetik atau membuat dokumen lainnya.
2.      Praktik Membuat Dokumen Baru
3.      Prosedur Menyimpan Dokumen Baru
-           Segera lakukan penyimpanan setelah melakukan pengetikan. Ini bertujuan menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
-          Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save (atau ctrl + S).
4.      Menutup Dokumen
Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.
5.      Membuka Dokumen Lama
-          Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
-          Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
-          Klik pada nama file yang akan dibuka.
-          Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka.
c.       Memformat Teks pada dokumen
1.      Mengganti Jenis Huruf pada Teks.
-          Sebelum anda mengetikkan tulisan setting terlebih dahulu jenis font yang akan digunakan.
-          Atau jika anda sudah terlanjur mengetik kata atau kalimat, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memblok tulisan terlebih dahulu.
-          Klik Home pada menu bar --> Font -->klik anak panah kebawah, kemudian pilih jenis huruf yang akan digunakan.
-          Kemudian lihat hasilnya.
2.      Mengganti Ukuran Huruf pada Teks
-          Sebelum anda mengetikkan tulisan setting terlebih dahulu ukuran font yang akan digunakan.
-          Atau jika anda sudah terlanjur mengetik kata atau kalimat, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memblok tulisan terlebih dahulu.
-          Klik Home pada menu bar --> Font -->klik anak panah kebawah, kemudian pilih ukuran huruf sesuai yang diinginkan.
-          Kemudian lihat hasilnya.
3.      Mengganti Bentuk atau Gaya Huruf pada Teks
-          Buka lembar kerja microsoft office word.
-          Kettikkan kalimat atau kata yang akan anda tulis.
-          Selanjutnya seleksi tulisan atau kata yang akan diganti warna font nya dengan caramengeblok tulisan yang dipilih. Jika anda ingin mengganti warna font untuk semua tulisan yang ada pada lembar kerja microsoft word tekan CTRL + A untuk menyeleksi semua tulisan
-          Pada menu Home, pilih menu font color pada group Font. Menu font color biasanya menggunakan logo huruf A dengan garis bawah warna merah.
-          Selanjutnya akan muncul pilihan warna yang ditawarkan. Pilih warna sesuai dengan pilihan anda.
-          Lihat hasilnya dan selamat mencoba.
4.      Memberi Warna Latar pada Teks Dokumen
-            Jalankan program Microsoft office word di komputer anda untuk membuka dokumen baru.
-          Tulislah sebuah teks atau kalimat singkat sebagai bahan praktek. ( misal: saya sedang membuat puisi cinta ).
-           Pada format menu arahkan kursor anda ke sebelah kanan dan klik " icon shading".
-          Pilihlah tema warna yang menurut anda cocok dengan teks yang di buat.( misal : warna biru terang ) dan lihatlah hasilnya
-            Apabila anda ingin mengembalikan latar teks ke warna default, klik format teks normal atau pada keyboard komputer anda klik tombol CTRL+ Z.

5.      Pemberian Efek pada Teks Dokumen

(1)   Strikethrough, memberikan tulisan dengan digaris di tengah teks tersebut. Contoh
“Efek strikethrough”
(2) Double strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua. Contoh “efek double strikethrough”
(3) Superscript, akan memberikan efek, teks akan naik ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan, seperti “m2”.
(4) Subscript, akan memberikan efek, teks akan turun ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah, seperti “CO2”.
(5) Shadow, digunakan untuk memberi efek bayangan terhadap teks yang dipilih.
(6) Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja.
(7) Emboss, akan memberikan teks tampak seperti menonjol dari yang lain.
(8) Engrave, kebalikan dari Emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran.
(9) Small Caps, memberikan efek huruf dicetak seperti kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil. Contoh tulisan “Efek Small Caps” diberi efek small caps menjadi “EFEK SMALL CAPS”
(10) All Caps akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan diubah menjadi huruf besar semua. Conyoh tulisan “efek all caps” diberi efek all caps menjadi “EFEK ALL CAPS”
(11) Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tidak tampak dilayar.
6.      Mengatur Skala Jarak AntarKarakter, dan Posisi Teks
-          Seleksi terlebih dahulu teks yang akan diatur formatnya.
-            Pada tab Home, klik tombol Font.
-          Klik pada kotak dialog Font, klik tab Advanced.
-           Kotak daftar pilihan Scale, berfungsi untuk menentukan skala jarak spasi antar karakter.
-          kotak daftar pilihan Spacing, berfungsi untuk mengatur jarak spasi antar karakter.
Normal, untuk jarak antar karakter tampil normal.
Expanded, bila Anda menginginkan jarak antar karakter tampil lebih renggang.
Condensed, bila Anda menginginkan jarak antar karakter tampil lebih rapat.
-          Kotak dafar pilihan Position, berfungsi untuk mengatur posisi karakter terhadap suatu baris.
Normal, untuk posisi karakter tetap pada baris.
Raised, untuk posisi karakter tampil lebih ke atas.
Lowered, untuk posisi karakter tampil lebih rendah.
-          Langkah terakhir jangan lupa klik OK.
7.      Memformat Teks Dokumen dengan Mini Toolbar


d.      Menggunakan Drop Cap
Caranya :
1.      Blok teks yang ingin anda kasih drop cap tersebut
2.      Klik insert
3.       Pada bagian group tex klik Drop Cap
4.       Klik salah satu pilihan pilihan yang telah ditampilkan drop cap.
5.       Maka pada awal paragraph  tulisannya akan menjadi besar sendiri, anda juga bisamengganti fontnya ataupun warna dan jenis ukurab font.

e.      Mengedit atau Menyunting Teks Dokumen
1.       Menhapus Teks
·         Tempatkan kursor (titik penyisipan) tepat di sebelah teks yang ingin Anda hapus
·         Langkah berikutnya, silakan tekan tombol "Backspace" pada keyboard untuk menghapus teks ke kiri dari titik kursor
·         Untuk menghapus teks sebelah kanan dari titik kursor, silakan tekan tombol "Delete" pada keyboar komputer Anda
2.      Membatalkan Tindakan atau Perintah
·         ESC                                        Membatalkan tindakan.
·         CTRL+Z                                Batalkan tindakan.
·         CTRL+Y                               Ulangi atau mengulangi tindakan.
3.      Menhaopus Format font atau teks
·         Blok teks/kalimat berformat style yang ingin kita kembalikan formatnya ke bentuk semula.
·         Tekan Ctrl+Shift+N
·         Maka format style yang ada pada teks/kalimat akan berubah menjadi format normal
4.      Menyalin atau meng copy teks
·  Seleksi naskah yang akan dikopi.
·  Kemudian, pilih menu Home dan klik Format Painter.
·  Lanjutkan dengan menyeleksi bagian naskah yang akan mengopi formatnya


5.       Memindahkan Teks

·         Blok teks yang akan di-copy
·         Klik ribbon tab Home
·         Klik icon Copy
·         Pindahkan kursor ke lokasi tujuan
·         Klik icon Paste

6.      Mencari dan Mengganti Teks pada Dokumen yang Aktif
Mencari kata :
·         Munculkan dialog pencarian dengan cara mengakses melalui toolbar Find yang ada di menu tab Home atau langsung mengaktifkan melalui keyboard shortcut CTRL+F.
·         Ketikan kata atau kalimat yang akan anda cari. Misalkan pada gambar contoh pencarian di bawah ini rangkaian kata yang hendak dicari adalah cara mencari kata.
·         Selanjutnya tekan Enter atau klik tombol Find Next, untuk menemukan kata yang dimaksud.
·         Bila masih belum menemukan apa yang anda cari, klik tombol Find Next berulang kali untuk mencari kata-kata tersebut di dalam dokumen.
·         Bila pencarian telah kembali lagi ke posisi semula tempat anda melakukan pencarian dan anda masih belum menemukan apa yang anda cari, Microsoft Word akan memberitahukan kepada anda bahwa pencarian sudah dilakukan di dokumen.

gambar akses toolbar find dan memunculkan dialog find
Mengganti Kata :
·         Langkah yang pertama, buka terlebih dahulu program Microsoft Word pada komputer. Caranya, klik menu Start yang terdapat dibagian pojok kiri bawah layar monitor, kemudian klik All programs, cari folder Microsoft Office dan pilih ikon Microsoft Word. 
·         Jika dokumen telah terbuka, kemudian sekarang silahkan buka dokumen yang ingin anda edit. Caranya, klik ikon Microsoft kemudian pilih menu Open dan cari pada drive mana dokumen disimpan, jika sudah ditemukan klik satu kali pada dokuemn kemudian tekan tombol Open. 
·         Kini dokumen yang ingin anda edit sudah terbuka. 
·         Selanjutnya, apabila anda ingin merubah/mengganti kata dengan mudah kita gunakan fitur Replace. Untuk membuka fitur ini ikuti langkah berikutnya. 
·         Pada menu bar, pastikan jika tab yang anda pilih adalah tab Home. 
·         Selanjutnya pada kolom Editing di bagian paling ujung sebelah kanan. Klik menu Replace. 
·         Dengan begitu akan muncul kolom Replace. Dan pada kolom “Find What” silahkan ketikan kata atau kalimat yang ingin anda cari, kemudian pada kolom “Replace With” masukan kata atau kalimat pengubahnya. 
·         Kemudian klik tombol OK. 
·         Dengan begitu anda dapat melihat tulisan atau kalimat yang anda ingin anda ubah telah berubah.


f.       Mengatur Format Paragraf
1.      Mengatur Spasi Teks pada Paragarf
Single     mengatur jarak spasi satu baris
1,5 line     mengatur jarak spasi satu setengah baris
Double     mengatur spasi dua setengah baris
At Least     mengatur jarak spasi baris minimal
Exactly     spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran huruf
Multiple     spasi ditentukan berdasar persentase

Shortcut tombol keyboad untuk mengatur spacing adalah dengan cara mem-blok paragraf yang akan diatur dan tekan tombol berikut secara bersamaan:
Ctrl + 1            : untuk spacing ukuran 1,0
Ctrl + 5            : untuk spacing ukuran 1,5
Ctrl + 2            : untuk spacing ukuran 2,0

2.      Mengatur Jarak Antar Paragraf
·         Ketikkan seluruh naskah yang akan anda buat.
·         Setelah anda atur spasinya ( untuk mengatur spasi dapat dibuka pada halaman disini ), seleksi atau blok naskah yang telah anda ketik. Langkah ini jika anda telah mengetik naskah terlebih dahulu atau sudah mempunyai naskah yang telah tersimpan di computer dan akan diatur jarak antar paragraphnyaPada ribbon Page Layout, group menu Paragraph, pilih salah satu pengaturan pada spacing, yaitu before dan after. Pengaturan spacing before berarti jarak diberikan sebelum paragraph dan spacing after berarti jarak diberikan setelah paragraph.
·         Ubah angka 0 pt pada pilihan spacing before atau spacing after dengan klik tanda panah keatas dan kebawah disamping angka 0 pt (6, 12, 16, 24, ….). atau bisa langsung anda ubah secara manual dengan mengetik angka yang anda kehendaki.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGJoHhZ_hk6P1z5RVjK0A_2_gQ6IvqLXm17Fj9lts1po7gjT6TR-DYrKTV1ORTsOy4u7dfv5H9u5CmOnZuIrbzk9qwj4AFF7ZqCPDlO63OtoCDc-UgkEdIWp1IxRuS570rM7YasrddXxv9/s980/paragraph.png
·         Maka sekarang paragraph satu dengan paragraph yang lain telah ada jaraknya.

3.       Mengatur Perataan Teks pada Paragraf
·         Langkah yang pertama, buka terlebih dahulu dokumen Microsoft Word dikomputer, dengan cara klik menu Start yang terdapat pada bagian pojok layar monitor. Kemudian klik menu All Programs dan cara folder Microsoft Office, kemudian klik pada ikon Microsoft Word. 
·         Jika dokumen telah terbuka, kita akan langsung menggunakan fitur Aligment (Perataan) dengan cara setting pada pengaturan perataan melalui Fomatting Toolbar pada Microsoft Word. Dengan cara, letakan pointer kursor pada paragraf atau teks yang akan diatur. 
·         Kemudian silahkan klik tab Home pada menu bar. 
·         Kemudian pilih submenu Pargraph. 
·         Selanjutnya silahkan tentukan pilihan anda, jenis perataan seperti apa yang anda inginkan. Misalkan, jika anda memilih pertaan tengah, maka piilihlan Center dengan cara klik pada kolom paragraph dnegan nama Center. 
·         Dengan begitu, saat anda akan mengetik, maka kursor akan secara otomati memulai penulisan dari bagian tengah. 
4.      Mengatur Indentasi pada Paragraf
·         Melalui grup Paragraph pada ribbon Home
Anda dapat langsung menekan tombol Decrease Indent dan Increase Indent yang terdapat pada grup Paragraph (ribon home) untuk menggeser paragraf ke kanan atau ke kiri.
·         Melalui grup Paragraph pada ribon Page Layout
Cara sebelumnya, pengaturan indentasi tidak dapat diatur ukurannya. Namun melalui grup Paragraph yang terdapat pada Page Layout, Anda dapat mengatur sendiri
·         Melalui Kotak Dialog Paragraph
Jika ingin melakukan pengaturan paragraf lebih lanjut, caranya dengan mengklik anak panah (tooltip) pada grup paragraph untuk memunculkan kotak dialog Paragraph.
Keterangan:
Left, jarak indentasi dari margin kiri
Right, jarak indentasi dari margin kanan
Special, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk membuat indentasi gantung)
·         Melalui Ruler
Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang dapat dilihat pada ribbon View.
Indentasi digunakan untuk mengatur permodelan alinea menjorok kedalam atau keluar, sedangkan tabs untuk mengatur jarrak tabulasi.
Left indent :
Digunakan untuk mengatur batas pengetikan sebelah kiri pada sebuah alinea
Right indent :
Digunakan untuk mengatur batas pengetikan sebelah kanan pada sebuah alinea
Frist line indent :
Digunakan untuk mengatur baris awal dari alinea menjorok kedalam atau keluar
Hanging indent :
Digunakan untuk mengatur baris awal sampai akhir dari alinea menjorok kedalam atau keluar


5.       Mengatur Indntasi Paraghraf dalam fasilitas Ruler atau Garis Mistar
-          Melalui Ruler
Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang dapat dilihat pada ribbon View.
Indentasi digunakan untuk mengatur permodelan alinea menjorok kedalam atau keluar, sedangkan tabs untuk mengatur jarrak tabulasi.
Left indent :
Digunakan untuk mengatur batas pengetikan sebelah kiri pada sebuah alinea
Right indent :
Digunakan untuk mengatur batas pengetikan sebelah kanan pada sebuah alinea
Frist line indent :
Digunakan untuk mengatur baris awal dari alinea menjorok kedalam atau keluar
Hanging indent :
Digunakan untuk mengatur baris awal sampai akhir dari alinea menjorok kedalam atau keluar.
-          Mengatur Paragraf dengan fasilitas Tab Stop
1.       Pengaturan Langsung
pengaturan langsung dapat dilakukan dengan meng-klik daerah “Ruler” atau Skala, maka akan muncul tanda       
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJkrpZ2hfZKolS1yBkmjOzKMP28hyphenhyphenJmUFRbuHod5-OnV-xb-g4VNVRUEORxQj0mBazOlUlj0Mnah-QHfveAO_Xb84tf1EZGI6ro1VcQHiuiPQa46dalVaZz3wQqkjjCNzT_OXThg3qW8o/s1600/Left+Tab.jpg
    

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDHsOFX8O-TiVICBeTIG20pFtcO74pMOLQ6MtWJqPt-G68NfGu9EFoIWl1cs2Apwp8hvOKy70qF7c79EGoQBlDQrFJf_B46A1JRvFTFvW0wYMYmGq_lbwJ2H76UhkRp3C3V23P-gXsQ5o/s400/Tab+dlm+Ruler.jpg

Untuk dapat meletakkan posisi tabulasi secara langsung maka lakukan klik pada ruler bar. Posisi tabulasi akan ditampilkan dengan simbol
tanda-tanda tersebut antara lain.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJkrpZ2hfZKolS1yBkmjOzKMP28hyphenhyphenJmUFRbuHod5-OnV-xb-g4VNVRUEORxQj0mBazOlUlj0Mnah-QHfveAO_Xb84tf1EZGI6ro1VcQHiuiPQa46dalVaZz3wQqkjjCNzT_OXThg3qW8o/s1600/Left+Tab.jpg
Tanda Left Tab)  untuk pengaturan lurus kiri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN5mTIJdSI_KPeQnyO6gGcdBe9mERUvqngeTmDavQoTlCMRrVc9ycTiiER7ej6SdT9mPkve6nFlVdhdGZfpk4HcYMQxopdAeYEBW-W-_REQm6MeO5FWWry8dXh4G1VPdeoajkptYf1nyY/s1600/Center+tab.jpg
Tanda Center tab) untuk pengetian tanda centering
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxqy12fSq7iR0OEpFr4hME5Xe9glvXvwnEa6RQX93eaubXNg-6KD0_qZNYSXPhtZRl7cFF10F1QrdnCyxj34QxV8CgF_UwHGrXjycDG756GY87ieRMmYMnH_ljw68847X8FtJtCM4pT9A/s1600/Right+tab.jpg
Tanda  Right tab) untuk pengaturan lurus kanan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMNDioNqqnhN2hUu9ToiRPrpYqmXogAYM7dSAU-YES2rK0J8bcfzN5Hfmn0qjEVoDiBFI85GfYO6Sb2GuzX_3HMjEeYmy2r8ilzUikn7aLwnTUDX7_B6Saco2ClDcV4TCGWyAN5x2fjuU/s1600/Decimal+tab.jpg
Tanda  Decimal tab) untuk pengetikan angka (currency)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-c8fZzpalg4v8SXr6iNJkC-2PBE6mE5fA6eW9TZdKAXKm2s89QR87hclq9AL2p__ljV35SaTJeGBN8JcofkEX2xHOhqSRBXgQzHHYfwg3A5coU2-aDHv_GyfwYoy92tGN7gJxUyW3HHc/s1600/Bar+tab.jpg

Tanda  Bar tab untuk pengetikan tanda lurus vertikal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5l3n2ktpoSGYLEv8Z8JvrI-gSklPC8lqolaugOO-mgr23yH8Tcn6KzW8WJlwQOb0foWFyoVX69vdMP_vnHHxQxYQsaI73GFdAgdFojvEyacHqDOFc_RGz41HatHVyAPOaF-FEJMGFx-s/s1600/First+line+indent.jpg

 T
anda  First line indent untuk pengetikan indent
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPCzVyRqkP8kbAxhVe2Q25QUD9HmT-3GgCyI8IDd3bxVOWMcDDsH2oD8DN-h6qhMUiS8E0L_L8-LQ1ZxFLbeJxSIHIMYReMevWfx9GuI4yDprDF95BU5zFT9CJt-i98Y3pkFAbuekFU1U/s1600/Hanging+indent.jpg
Tanda hanging indent untuk pengetikan tanda hanging.

2.      Pengaturan Kotak Dialog Tab.
Untuk melakukan pengaturan tabulasi dengan menggunakan kotak dialog, kita buka dahulu dialog Paragraph, karena tab/stop tab berada pada kotak dialog paragraph,
Lihat gambar berikut:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjedMwT87ShsJ40CiigtbKzaw_uyLDEZAD1VzzMtH7_3tSAbV1_q_p8-2zQIQEkn4vULqrKFMbZrN4cCVW8H3piYq8lHAbNt8x16tTxpR3magaItr1g5eTNLbNEnqbHzyXo2Jf34TcXlmg/s320/Tab-dialog+paragraph.jpg

Pada dialog paragraph klik sub menu Tabs, sebagaimana gambar di atas.
Akan di munculkan kotak dialog Tab, gambarnya berikut ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGb571tA-L-0ziu8FraLN21Loxu9_1u57ZvmbtCits6TlWmjcnBo8vjd8cUXR1yF9jAoZJ2EnnqqEh9eG32Nm6wmbxOlP49BktP0laYZijTTT5rj4BbCECVNvd8F7YvCsMtjq1Sa0HnXo/s320/Dialog+TAB.jpg

Keterangan:
Tab Stop Position, berfungsi menentukan berhentinya tab
Alignment berfungsi mengatur perataan teks
Leader berfungsi menentukan jenis dari Tab, maksudnya ketika tombol tab di tekan muncul simbol titik-titik, atau jenis lain sesuai yang dipilih (biasanya pengaturan Leader untuk membuat daftar isi yang memerlukan tanda titik-titik)
Setelah semua diatur sesuai kebutuhan tekan/klik tombol OK, dan lihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar