Penggunaan Menu dan Ikon Pada Pembuatan
Dokumen Pengolahan Kata
a. Penggunaan Menu
dan Ikon dalam Tombol Office(Office Button) dan Ribbon
Untuk
memodifikasi dokumen seperti penyisipan gambar atau objek, mengatur ukuran
kertas, margin, menentukan jenis dan besar huruf, hingga pembuatan daftar isi,
indeks, dan mailmerge dapat dilakukan dalam ribbon. Ribbon terdiri dari Tab-Tab
yangf berisi atau mengandung berbagai menu dan ikon.
Pada umumnya ribbon terdiri dari Tab Home, Insert, Page Layout, References,
Mailings, Review, dan Tab View.
b.
Pembuatan dokumen pada pengloah kata microsoft word 2007
1.
Prosedur Membuat
Dokumen Baru
-
Langkah yang pertama jika dokumen Microsoft word
telah terbuka dan anda ingin membuka dokumen baru, silahkan lanjutkan dengan
langkah berikutnya.
-
Langkah selanjutnya, silahkan klik ikon
Microsoft yang terdapat dibagian pojok kiri atas halaman Word.
-
Dengan begitu, akan muncul beberapa menu,
silahkan car menu “New”, menu ini biasanya terdapat diurutan paling atas.
-
Apabila menu etrsebut sudah di klik, maka anda
akan melihat halaman baru terbuka, pada halaman baru silahkan pilih “Blank
Document”.
-
Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Create,
dengan dengan begitu dokumen word baru akan dibuat.
-
Atau cara lain yang lebih praktis adalah dengan
menggunakan keyboard shortcut, yakni dengan cara menekan kombinasi tombol
CRTL+N pada keyboard. Dengan begitu dokument baru akan mucul dengan sendirinya.
Dan kini anda bisa menikmati dokumen tersebut untuk mengetik atau membuat
dokumen lainnya.
2.
Praktik Membuat Dokumen Baru
3.
Prosedur Menyimpan Dokumen Baru
-
Segera
lakukan penyimpanan setelah melakukan pengetikan. Ini bertujuan menjaga
kemungkinan kehilangan dokumen.
-
Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File,
klik tombol Save (atau ctrl + S).
4.
Menutup Dokumen
Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup
file, pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close,
maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.
5.
Membuka Dokumen Lama
-
Klik menu File dan klik tombol Open, maka
akan tampil kotak dialog Open.
-
Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan
letak foldernya terlebih dahulu.
-
Klik pada nama file yang akan dibuka.
-
Klik tombol Open, maka file yang tadi
dipilih akan dibuka.
c.
Memformat Teks pada dokumen
1.
Mengganti Jenis Huruf pada Teks.
-
Sebelum anda mengetikkan tulisan setting
terlebih dahulu jenis font yang akan digunakan.
-
Atau jika anda sudah terlanjur mengetik kata
atau kalimat, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memblok tulisan
terlebih dahulu.
-
Klik Home pada menu bar --> Font -->klik
anak panah kebawah, kemudian pilih jenis huruf yang akan digunakan.
-
Kemudian lihat hasilnya.
2.
Mengganti Ukuran Huruf pada Teks
-
Sebelum anda
mengetikkan tulisan setting terlebih dahulu ukuran font yang akan digunakan.
-
Atau jika
anda sudah terlanjur mengetik kata atau kalimat, maka yang harus anda lakukan
adalah dengan memblok tulisan terlebih dahulu.
-
Klik Home
pada menu bar --> Font -->klik anak panah kebawah, kemudian pilih ukuran
huruf sesuai yang diinginkan.
-
Kemudian
lihat hasilnya.
3. Mengganti Bentuk atau Gaya Huruf
pada Teks
-
Buka lembar
kerja microsoft office word.
-
Kettikkan
kalimat atau kata yang akan anda tulis.
-
Selanjutnya
seleksi tulisan atau kata yang akan diganti warna font nya dengan caramengeblok
tulisan yang dipilih. Jika anda ingin mengganti warna font untuk semua tulisan
yang ada pada lembar kerja microsoft word tekan CTRL + A untuk
menyeleksi semua tulisan
-
Pada menu Home,
pilih menu font color pada group Font. Menu font color biasanya
menggunakan logo huruf A dengan garis bawah warna merah.
-
Selanjutnya
akan muncul pilihan warna yang ditawarkan. Pilih warna sesuai dengan pilihan
anda.
-
Lihat
hasilnya dan selamat mencoba.
4. Memberi Warna Latar pada Teks
Dokumen
-
Jalankan program Microsoft office word di
komputer anda untuk membuka dokumen baru.
-
Tulislah
sebuah teks atau kalimat singkat sebagai bahan praktek. ( misal: saya sedang
membuat puisi cinta ).
-
Pada format menu arahkan kursor anda ke
sebelah kanan dan klik " icon shading".
-
Pilihlah tema
warna yang menurut anda cocok dengan teks yang di buat.( misal : warna biru
terang ) dan lihatlah hasilnya
-
Apabila anda ingin mengembalikan latar teks
ke warna default, klik format teks normal atau pada keyboard komputer
anda klik tombol CTRL+ Z.
5. Pemberian Efek pada Teks Dokumen
(1)
Strikethrough,
memberikan tulisan dengan digaris di tengah teks tersebut. Contoh
“Efek strikethrough”
(2) Double strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua. Contoh “efek double strikethrough”
(3) Superscript, akan memberikan efek, teks akan naik ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan, seperti “m2”.
(4) Subscript, akan memberikan efek, teks akan turun ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah, seperti “CO2”.
(5) Shadow, digunakan untuk memberi efek bayangan terhadap teks yang dipilih.
(6) Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja.
(7) Emboss, akan memberikan teks tampak seperti menonjol dari yang lain.
(8) Engrave, kebalikan dari Emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran.
(9) Small Caps, memberikan efek huruf dicetak seperti kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil. Contoh tulisan “Efek Small Caps” diberi efek small caps menjadi “EFEK SMALL CAPS”
(10) All Caps akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan diubah menjadi huruf besar semua. Conyoh tulisan “efek all caps” diberi efek all caps menjadi “EFEK ALL CAPS”
(11) Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tidak tampak dilayar.
“Efek strikethrough”
(2) Double strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua. Contoh “efek double strikethrough”
(3) Superscript, akan memberikan efek, teks akan naik ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan, seperti “m2”.
(4) Subscript, akan memberikan efek, teks akan turun ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah, seperti “CO2”.
(5) Shadow, digunakan untuk memberi efek bayangan terhadap teks yang dipilih.
(6) Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja.
(7) Emboss, akan memberikan teks tampak seperti menonjol dari yang lain.
(8) Engrave, kebalikan dari Emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran.
(9) Small Caps, memberikan efek huruf dicetak seperti kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil. Contoh tulisan “Efek Small Caps” diberi efek small caps menjadi “EFEK SMALL CAPS”
(10) All Caps akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan diubah menjadi huruf besar semua. Conyoh tulisan “efek all caps” diberi efek all caps menjadi “EFEK ALL CAPS”
(11) Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tidak tampak dilayar.
6. Mengatur Skala Jarak AntarKarakter, dan Posisi Teks
-
Seleksi
terlebih dahulu teks yang akan diatur formatnya.
-
Pada tab Home, klik tombol Font.
-
Klik pada
kotak dialog Font, klik tab Advanced.
-
Kotak daftar pilihan Scale,
berfungsi untuk menentukan skala jarak spasi antar karakter.
-
kotak daftar
pilihan Spacing, berfungsi untuk mengatur jarak spasi antar
karakter.
Normal, untuk jarak antar karakter tampil normal.
Expanded, bila Anda menginginkan jarak antar karakter tampil lebih renggang.
Condensed, bila Anda menginginkan jarak antar karakter tampil lebih rapat.
Normal, untuk jarak antar karakter tampil normal.
Expanded, bila Anda menginginkan jarak antar karakter tampil lebih renggang.
Condensed, bila Anda menginginkan jarak antar karakter tampil lebih rapat.
-
Kotak dafar
pilihan Position, berfungsi untuk mengatur posisi karakter terhadap suatu
baris.
Normal, untuk posisi karakter tetap pada baris.
Raised, untuk posisi karakter tampil lebih ke atas.
Lowered, untuk posisi karakter tampil lebih rendah.
Normal, untuk posisi karakter tetap pada baris.
Raised, untuk posisi karakter tampil lebih ke atas.
Lowered, untuk posisi karakter tampil lebih rendah.
-
Langkah terakhir jangan lupa klik OK.
7. Memformat Teks
Dokumen dengan Mini Toolbar
d. Menggunakan Drop Cap
Caranya :
1. Blok teks yang ingin anda kasih drop cap
tersebut
2. Klik insert
3. Pada bagian group tex klik Drop Cap
4. Klik salah satu pilihan pilihan yang telah
ditampilkan drop cap.
5. Maka pada awal paragraph tulisannya akan menjadi besar sendiri, anda
juga bisamengganti fontnya ataupun warna dan jenis ukurab font.
e.
Mengedit atau Menyunting Teks Dokumen
1. Menhapus
Teks
·
Tempatkan
kursor (titik penyisipan) tepat di sebelah teks yang ingin Anda hapus
·
Langkah
berikutnya, silakan tekan tombol "Backspace" pada keyboard
untuk menghapus teks ke kiri dari titik kursor
·
Untuk
menghapus teks sebelah kanan dari titik kursor, silakan tekan tombol "Delete"
pada keyboar komputer Anda
2.
Membatalkan
Tindakan atau Perintah
·
ESC
Membatalkan tindakan.
·
CTRL+Z
Batalkan tindakan.
·
CTRL+Y
Ulangi atau
mengulangi tindakan.
3. Menhaopus
Format font atau teks
·
Blok teks/kalimat berformat style yang ingin kita kembalikan
formatnya ke bentuk semula.
·
Tekan
Ctrl+Shift+N
·
Maka
format style yang ada pada teks/kalimat akan berubah menjadi format normal
4. Menyalin atau meng copy teks
·
Seleksi naskah yang akan dikopi.
·
Kemudian, pilih menu Home dan klik Format Painter.
·
Lanjutkan dengan menyeleksi bagian naskah yang akan mengopi formatnya
5.
Memindahkan Teks
·
Blok teks
yang akan di-copy
·
Klik ribbon
tab Home
·
Klik icon Copy
·
Pindahkan
kursor ke lokasi tujuan
·
Klik icon Paste
6. Mencari dan Mengganti Teks pada
Dokumen yang Aktif
Mencari kata :
Mencari kata :
·
Munculkan
dialog pencarian dengan cara mengakses melalui toolbar Find yang ada di
menu tab Home atau langsung mengaktifkan melalui keyboard shortcut CTRL+F.
·
Ketikan kata
atau kalimat yang akan anda cari. Misalkan pada gambar contoh pencarian di
bawah ini rangkaian kata yang hendak dicari adalah cara mencari kata.
·
Selanjutnya
tekan Enter atau klik tombol Find Next, untuk menemukan kata yang
dimaksud.
·
Bila masih
belum menemukan apa yang anda cari, klik tombol Find Next berulang kali
untuk mencari kata-kata tersebut di dalam dokumen.
·
Bila
pencarian telah kembali lagi ke posisi semula tempat anda melakukan pencarian
dan anda masih belum menemukan apa yang anda cari, Microsoft Word akan
memberitahukan kepada anda bahwa pencarian sudah dilakukan di dokumen.
Mengganti Kata :
·
Langkah yang
pertama, buka terlebih dahulu program Microsoft Word pada komputer. Caranya,
klik menu Start yang terdapat dibagian pojok kiri bawah layar monitor, kemudian
klik All programs, cari folder Microsoft Office dan pilih ikon Microsoft
Word.
·
Jika dokumen
telah terbuka, kemudian sekarang silahkan buka dokumen yang ingin anda edit.
Caranya, klik ikon Microsoft kemudian pilih menu Open dan cari pada drive mana
dokumen disimpan, jika sudah ditemukan klik satu kali pada dokuemn kemudian
tekan tombol Open.
·
Kini dokumen yang
ingin anda edit sudah terbuka.
·
Selanjutnya,
apabila anda ingin merubah/mengganti kata dengan mudah kita gunakan fitur
Replace. Untuk membuka fitur ini ikuti langkah berikutnya.
·
Pada menu bar,
pastikan jika tab yang anda pilih adalah tab Home.
·
Selanjutnya pada
kolom Editing di bagian paling ujung sebelah kanan. Klik menu Replace.
·
Dengan begitu
akan muncul kolom Replace. Dan pada kolom “Find What” silahkan ketikan kata
atau kalimat yang ingin anda cari, kemudian pada kolom “Replace With” masukan
kata atau kalimat pengubahnya.
·
Kemudian klik
tombol OK.
·
Dengan begitu
anda dapat melihat tulisan atau kalimat yang anda ingin anda ubah telah
berubah.
f. Mengatur Format Paragraf
1. Mengatur Spasi Teks pada Paragarf
Single
mengatur jarak spasi satu baris
1,5 line mengatur jarak spasi satu setengah baris
Double mengatur spasi dua setengah baris
At Least mengatur jarak spasi baris minimal
Exactly spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran huruf
Multiple spasi ditentukan berdasar persentase
Shortcut tombol keyboad untuk mengatur spacing adalah dengan cara mem-blok paragraf yang akan diatur dan tekan tombol berikut secara bersamaan:
Ctrl + 1 : untuk spacing ukuran 1,0
Ctrl + 5 : untuk spacing ukuran 1,5
Ctrl + 2 : untuk spacing ukuran 2,0
1,5 line mengatur jarak spasi satu setengah baris
Double mengatur spasi dua setengah baris
At Least mengatur jarak spasi baris minimal
Exactly spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran huruf
Multiple spasi ditentukan berdasar persentase
Shortcut tombol keyboad untuk mengatur spacing adalah dengan cara mem-blok paragraf yang akan diatur dan tekan tombol berikut secara bersamaan:
Ctrl + 1 : untuk spacing ukuran 1,0
Ctrl + 5 : untuk spacing ukuran 1,5
Ctrl + 2 : untuk spacing ukuran 2,0
2. Mengatur
Jarak Antar Paragraf
·
Ketikkan seluruh naskah yang akan anda buat.
·
Setelah
anda atur spasinya ( untuk mengatur spasi dapat dibuka pada halaman disini
), seleksi atau
blok naskah yang
telah anda ketik. Langkah ini jika anda telah mengetik naskah terlebih dahulu
atau sudah mempunyai naskah yang telah tersimpan di computer dan akan diatur
jarak antar paragraphnyaPada ribbon Page Layout, group menu Paragraph,
pilih salah satu pengaturan pada spacing, yaitu before dan after.
Pengaturan spacing before berarti jarak diberikan sebelum paragraph dan
spacing after berarti jarak diberikan setelah paragraph.
·
Ubah angka 0 pt pada pilihan spacing before atau
spacing after dengan klik tanda panah keatas dan kebawah disamping angka 0 pt
(6, 12, 16, 24, ….). atau bisa langsung anda ubah secara manual dengan mengetik
angka yang anda kehendaki.
·
Maka sekarang paragraph satu dengan paragraph
yang lain telah ada jaraknya.
3.
Mengatur Perataan Teks pada Paragraf
·
Langkah yang pertama, buka terlebih dahulu
dokumen Microsoft Word dikomputer, dengan cara klik menu Start yang terdapat pada
bagian pojok layar monitor. Kemudian klik menu All Programs dan cara folder
Microsoft Office, kemudian klik pada ikon Microsoft Word.
·
Jika dokumen telah terbuka, kita akan langsung
menggunakan fitur Aligment (Perataan) dengan cara setting pada pengaturan
perataan melalui Fomatting Toolbar pada Microsoft Word. Dengan cara, letakan
pointer kursor pada paragraf atau teks yang akan diatur.
·
Kemudian silahkan klik tab Home pada menu
bar.
·
Kemudian pilih submenu Pargraph.
·
Selanjutnya silahkan tentukan pilihan anda,
jenis perataan seperti apa yang anda inginkan. Misalkan, jika anda memilih
pertaan tengah, maka piilihlan Center dengan cara klik pada kolom paragraph
dnegan nama Center.
·
Dengan begitu, saat anda akan mengetik, maka
kursor akan secara otomati memulai penulisan dari bagian tengah.
4.
Mengatur Indentasi pada Paragraf
·
Melalui grup
Paragraph pada ribbon Home
Anda dapat langsung menekan tombol Decrease Indent dan Increase
Indent yang terdapat pada grup Paragraph (ribon home) untuk
menggeser paragraf ke kanan atau ke kiri.
·
Melalui grup
Paragraph pada ribon Page Layout
Cara sebelumnya, pengaturan indentasi tidak dapat diatur
ukurannya. Namun melalui grup Paragraph yang terdapat pada Page Layout,
Anda dapat mengatur sendiri
·
Melalui Kotak
Dialog Paragraph
Jika ingin melakukan pengaturan paragraf lebih lanjut, caranya
dengan mengklik anak panah (tooltip) pada grup paragraph untuk
memunculkan kotak dialog Paragraph.
Keterangan:
Left, jarak indentasi dari margin kiri,
Right, jarak indentasi dari margin kanan
Special, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk membuat indentasi gantung)
Left, jarak indentasi dari margin kiri,
Right, jarak indentasi dari margin kanan
Special, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk membuat indentasi gantung)
·
Melalui Ruler
Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual
melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang dapat
dilihat pada ribbon View.
Indentasi digunakan
untuk mengatur permodelan alinea menjorok kedalam atau keluar, sedangkan tabs
untuk mengatur jarrak tabulasi.
Left indent :
Digunakan untuk
mengatur batas pengetikan sebelah kiri pada sebuah alinea
Right indent :
Digunakan untuk
mengatur batas pengetikan sebelah kanan pada sebuah alinea
Frist line
indent :
Digunakan untuk
mengatur baris awal dari alinea menjorok kedalam atau keluar
Hanging indent :
Digunakan untuk
mengatur baris awal sampai akhir dari alinea menjorok kedalam atau keluar
5. Mengatur
Indntasi Paraghraf dalam fasilitas Ruler atau Garis Mistar
-
Melalui Ruler
Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual
melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang dapat
dilihat pada ribbon View.
Indentasi digunakan
untuk mengatur permodelan alinea menjorok kedalam atau keluar, sedangkan tabs
untuk mengatur jarrak tabulasi.
Left indent :
Digunakan untuk
mengatur batas pengetikan sebelah kiri pada sebuah alinea
Right indent :
Digunakan untuk
mengatur batas pengetikan sebelah kanan pada sebuah alinea
Frist line
indent :
Digunakan untuk mengatur
baris awal dari alinea menjorok kedalam atau keluar
Hanging indent :
Digunakan untuk
mengatur baris awal sampai akhir dari alinea menjorok kedalam atau keluar.
-
Mengatur Paragraf dengan fasilitas Tab Stop
1. Pengaturan Langsung
pengaturan langsung dapat dilakukan dengan meng-klik
daerah “Ruler” atau Skala, maka akan muncul tanda
Untuk dapat meletakkan posisi tabulasi secara langsung
maka lakukan klik pada ruler bar.
Posisi tabulasi akan ditampilkan dengan simbol
tanda-tanda tersebut antara lain.
Tanda Left Tab) untuk pengaturan lurus kiri
Tanda Center tab) untuk pengetian tanda centering
Tanda Right tab) untuk pengaturan lurus kanan
Tanda Decimal
tab) untuk pengetikan angka (currency)
Tanda Bar tab untuk pengetikan tanda lurus
vertikal
Tanda First line indent untuk pengetikan indent
Tanda
hanging indent untuk pengetikan tanda hanging.
2. Pengaturan Kotak Dialog Tab.
Untuk
melakukan pengaturan tabulasi dengan menggunakan kotak dialog, kita buka dahulu
dialog Paragraph, karena tab/stop tab berada pada kotak dialog paragraph,
Lihat gambar berikut:
Pada dialog paragraph klik sub menu Tabs, sebagaimana
gambar di atas.
Akan di munculkan kotak dialog Tab, gambarnya berikut
ini
Keterangan:
Tab Stop Position, berfungsi menentukan berhentinya
tab
Alignment berfungsi mengatur perataan teks
Leader
berfungsi menentukan jenis dari Tab, maksudnya ketika tombol tab di tekan
muncul simbol titik-titik, atau jenis lain sesuai yang dipilih (biasanya
pengaturan Leader untuk membuat daftar isi yang memerlukan tanda titik-titik)
Setelah
semua diatur sesuai kebutuhan tekan/klik tombol OK, dan lihat hasilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar