Minggu, 01 Maret 2015

Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata



B. MATERI PEMBELAJARAN TIK KELAS 8
Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata
a.      Pendahuluan
Secara garis besar, perangkat lunak dibedakan menjadi
1.      Perangkat Lunak Sistem Operasi
Merupakan jenis perangkat luank yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa mesin yang hanya dikenal oleh komputer dan untuk pengelolaan program
2.      Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak yang digunakan untuk mengloah berbagai jenis dokumen, yang disesuaikan dengan jenis dokumen yang akan dikerjakan.
b.      Fasilitas-Fasilitas dalam Microsoft word
Microsoft word 2007 merupakan pengemabnagn dari program aplikasi pengloah kata yang ada sebelumnya.
Terdiri dari :
1.Ribbon
Ribbon adalah fasilitas yang berisi berbagai content aplikasi yg terdapat dalam Microsoft Word 2007.Melalui fasilitas ini kita dapat lebih cepat dan mudah dlm menggunakan berbagai content aplikasi dan lebih mudah mengetahui semua fasilitas pengolah kata tersebut.

2.Building Blocks
Building blocks adalah fasilitas yg berisi barbagai content yang siap digunakan dan bahkan memungkinkan kita mengurangi kesalahan pemakaian dlm penggunaan.Melalui fasilitas building blocks ini kita dpt dengan mudah menggunakan header,footer,page number,text box,maupun cover page dengan gambar yg lebih menarik.



3.Quick styles
Quick styles merupakan fasilitas yg diberikan Microsoft Word 2007 untuk memudahkan kita dlm memformat teks maupun memilih berbagai bentuk table.salah satu contoh gambar quick styles bisa dilihat pada gambar di atas.



4.Apply Document Themes
Apply Document Themes merupakan fasilitas yg dapat digunakan untuk memudahkan kita dlm membuat suatu dokumen dengan bentuk yang konsisten,terutama dlm kombinasi warna,bentuk atau jenis font (huruf),bingkai,hingga efek-efek lainnya.Perhatikan contoh gambar apply document themes di atas.



5.SmartArt Graphic
Fasiltas ini dpt digunakan untuk membantu kita dlm membuat berbagai bentuk gambar diagram yg lebih profesional.



6.Live Word Count
Aplikasi ini digunakan untuk menampilkan informasi tentang banyaknya kata yg telah kita ketikkan dlm dokumen yg dibuat atau pada area dokumen yang kita blok.


7.Typographic
Fasilitas ini mencakup penambahan berbagai desain font/huruf baru yg lebih mudah dibaca pada layar monitor,dan digunakan pula untuk pengaturan tampilan pada penomoran paragraf,penempatan bullet paragraph,dan number list style.


8.Equation
Failitas ini berisikan simbol-simbol matematika yg siap digunakan,bahkan kita dpt mendefinisikan sendiri rumus yg sering kita pakai melalui fasilitas Equation Builder yg bersifat editable atau dpt diedit kembali.



9.Citation Manager dan Referencer Builder
Fasilitas ini digunakan untuk membuat catatan kaki (footnes),endnotes,daftar isi,daftar tabel,bibliografi,dan daftar gambar.







10.Spelling Checker
Spelling checker digunakan untuk pemeriksaan ejaan dlm dokumen yg kita buat.Fasilitas ini pada Word 2007 lebih dipermudah dan konsisten.Opsi atau pilihan pemeriksaan ejaannya pun lebih bersifat global dan berlaku untuk semua program aplikasi yg tergabung dlm Office 2007.(Sorry gan gk ada gambarnya,tapi basicnya gitu,jika ingin lihat gambarnya cari aja di mbah google)



11.Document Information Panel
Fasilitas Document Information Panel (klik Office button > menu prepare > properties) dapat memudahkan kita untuk melihat dan menyunting properties suatu dokumen.


12.Mark as Final
Fasilitas Mark a Final (klik Office button > menu prepare > Mark as Final) digunakan untuk mencegah org lain untuk melakukan perubahan-perubahan pd dokumen yg kita buat.


13.Template
Microsoft Word menyediakan berbagai macam template untuk memperindah desain dokumen yg kita buat,sehingga lebih menarik perhatian.Bahkan jika komputer kita terhubung dengan internet maka kita bisa mencari template-template lain yang disediakan secara gratis oleh Microsoft Office Online di situs Microsoft.

c.       Mengidentifikiasi Letak dan Mengaktifkan Perangkat Lunak Pengloah Kata Microsoft Word 2007
1.      Mengaktifkan Ms Word 2007 pada windows XP
2.      Mengaktifkan Ms Word 2007 pada Windows Vista





d.      Bagian-Bagian dari Lembar Kerja Microsoft Word 2007
Yaitu :


1.   Microsoft Office Button
Microsoft Office Button adalah pengganti menu file pada Microsoft word versi sebelumnya. Tombol ini berisi menu New, Open, Save, Save as, Print, Close dan sebagainya.
2.   Quik Acces Toolbar
Toolbar ini keistimewaaa khusus yang terletak di bagian sudut kiri atas. Tombol-tombol perintah pada toolbar ini dapat kita tambahkan dengan tombol-tombol lain sesuai dengan kebutuhan.
3.   Tittle Bar Baris Judul
Tittle bar merupakan bar yang menampilkan nama dokument yang aktif atau yang sedang dikerjakan.
4.   Ribbon
Ribbon adalah deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa kelompok. Kelompok tersebut dikelompokkan sesuai fungsinya masing-masing.
5.   Tab
Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian kelompok yang memuat beberapa tombol.
6.   Group
Perintah yang memiliki kesamaan fungsi dikumpulkan disini. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan tombol.
7.   Cursor
Cursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti petunjuk.
8.    Status Bar
Menampilkan informasi dan pesan-pesan yang terletak pada bagian bawah jendela Microsoft Word seperti posisi keaktifan insertion point (posisi editing naskah), keaktifan beberapa tombol kkeyboard, language (ejaan bahasa) yang digunakan dan lain-lain.
9.    Ruler
Bagian dari tampilan layar Microsoft Word yang digunakan untuk menunjuk pada ukuran.
10. View Mode
View mode digunakan untuk mengatur tampilan yang terdiri dari printout, full screen reading, web layout, outline dan draft.
11. Zoom Slider
Tombol ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil lembar kerja.
12. Scroll Bar
Berfungsi untuk menggulung lembar kerja ke atas atau ke bawah (Scroll Bar vertikal) dan kek iri atau ke kanan (Scroll Bar Horizontal)
13. Text Area
Text Area adalah media ketik yang sudah dibatasi oleh batas atas, batas bawah, batas kiri dan batas kanan. Tidak seperti halnya pengetikan manual, kita tidak perlu khawatir pengetikan akan keluar dari batas margin, semua sudah diatur sedemikian rupa sehingga ketikan akan diatur otomatis dan tetap dalam lingkup halaman tersebut.


e.      Mengidentifikasi Fungsi Menu dan Ikon pada Office Button atau Tombol Office

1.    New  :  Untuk membuka dokumen baru
2.    Open  :  Untuk membuka dokumen lama
3.    Save    :  Untuk menyimpan dokumen yang sedang dibuka
4.    Save As  :    Untuk menyimpan dokumen dengan nama lain
5.    Print  :  Untuk mencetak dokumen pada kertas
6.    Prepare  :  Untuk menyimpan dokumen ke komputer lain
7.    Send  :  Untuk dikirim ke hal yang berhubungan dengan pengiriman file antar direktori dan web
8.    Publish  :  Untuk menyalurkan dokumen
9.    Close  :  Untuk menutup dokumen yang sedang aktif
10.  Exit Word  :  Untuk keluar dari program

f.        Mengidentifikiasi Fungsi Menu dan ikon pada Quick Access Toolbar
1.      Save
Berfungsi sebagai menyimpan perbuahan file dokumen
2.      Undo
Berfungsi sebagai membatalkan perubahan file dokumen terakhir
3.      Redo
Berfungsi untuk membatalkan pembatalan perubahan ffile dokumen yang terakhir.

g.      Fungsi Bar Judul
Bar Judul terdapat di bagian atas jendela Microsoft word. Bar Judul berfungsi untuk mengetahui file dokumen yang sedang aktif.

h.      Fungsi Tombol Ukuran Jendela
Yaitu :
1.      Fungsi Tombol Minimize
Anda tentunya sudah melihat bentuk tombol ini pada gambardi atas. Tombol ini adalah berguna untuk memberikan perintah untuk memperkecil ukuran jendela dari Microsoft Word sehingga jendela microsoft word akan mengecil dan menjadi sebuah tombol yang aktif pada taskbar yang ketika tombol ini di klik maka jendela microsoft word akan tampil pada layar monitor anda.
2.      Fungsi Tombol Restore
Tombol restore pada jendela microsoft word berfungsi mengembalikan ukuran jendela kembali ke ukuran semula yaitu sebelum tombol restore ini aktif.
3.      Fungsi Tombol Maximize
Fungsi tombol ini adalah untuk memksimalkan ukuran jendela dari program aplikasi microsoft word. Fungsi ini adalah merupakan fungsi yang berlawanan dari tombol ukuran jendela Minimize yang mana fungsi tombol ukuran jendela minimize adalah untuk memperkecil ukuran jendela.
4.      Fungsi tombol Close
Dalam bahasa inggris arti dari kosa kata close adalah menutup. Jadi tombol close pada tombol ukuran jendela microsoft word mempunyai fungsi menutup jendela Microsoft Word.

3 komentar: