Minggu, 01 Maret 2015

Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Angka



Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Angka

1.       Pendahuluan
a.       Microsoft Excel merupakan
Sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
b.      Mengoperasikan Ms. Excel diperl;ukan :




2.       Mengenal Perangkat Lunak Sistem Operasi dan Perangkat Lunak Pengloah Angka
a.       Kspread
Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.
Lembar kerja Kspread
b.       StarOffice Calc
StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows
Lembar kerja StarOffice Calc
c.       Open Office Calc
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja). Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Lembar kerja OpenOffice Calc
 
d.      GNOME Office – Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
Lembar kerja GNOME Office - GNUMERIC
 
e.      Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.
Lembar kerja Abacus
 
f.        XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – http://www.ais.com) dan dapat dijalankan dikomputer dengan sistem UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.

g.        Lotus 123
Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite. Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Lembar kerja Lotus 123
 
h.      Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data. Setiap cell hanya mampu menampung 1 data saja. Microsoft Exce/merupakan paket program Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah data angka. Karena memiliki kemudahan dalam penggunaan dan banyaknya fasiiitas maka program ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Beberapa versi Microsoft Excel sesuai dengan paket Microsoft Office yang dikeluarkan oleh Microsoft. Microsoft Excel ditunjang dengan berbagai fasiiitas kemampuan seperti pengolahan data, tabel, rumus, grafik, database, dan Iain-Iain.
Lembar kerja Microsoft Excel 2003
Lembar kerja Microsoft Excel 2003
Lembar kerja Microsoft Excel 2007
Lembar kerja Microsoft Excel 2007





3.       Kegunaan Perangkat Lunak Pengolah Angka
- untuk melakukan pengolahan angka secara lebih cepat
- untuk mengkalkulasikan sebuah data
- membantu kita dalam perhitungan data
- memudahkan untuk meyelesaikan tugas-tugas yang berbentuk angka
- Pembuatan grafik
- Pengolah data statistic
- Keyboard shorcut untuk mempercepat penggunaan Excel

4.       Mengidentifikasi Letak Perangkat Lunak Pengloah Angka
a.       System Operasi Windows 7
Sebelum kita mengenal tampilan Excel, kita perlu tahu dahulu  bagaimana cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel. Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel 2007 ada beberapa cara yang bisa kita gunakan yaitu :
 1.) Melalui menu Start, yaitu dengan cara mengklik : Start – Program
        Microsoft Office - Microsoft Excel
2.) Dengan meng-klik dua kali shortcut Microsoft Excel pada Dekstop atau
       klik kemudian tekan Enter
3.) Meng-klik kanan shortcut Microsoft Excel pada Dekstop kemudian   
      tekan Open.
4.) Mengklik satu kali icon Microsoft Excel pada Quck Launch(icon pada Taksbar untuk memudahkan membuka pogram aplikasi tertentu yang letaknya sear dengan tombol Start), apabila hal tersebut sudah diatur (secara default tidak ada).    
   
b.      Sistem Operasi Windows XP 
      Selain bisa mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel di Windows 7, kita juga bisa mengaktifkan progam aplikasi Microsoft Excel pada Windows XP.       
Untuk mengetahui letak Microsoft Excel pada system operasi Windows XP bisa dilakukan dengan cara mengklik tombol Start  di lajur taskbar dibagian bawah layar Windows, kemudian klik All Programs untuk beberapa versi Windows, biasanya Microsoft Excel tersimpan dalam folder Microsoft Office, sedangkan untuk Windows XP, folder Microsoft Excel dapat langsung ditemukan dalam menu All Programs tadi.
                                
c.       Sistem Operasi Windows Vista

          Hampir sama dengan system operasi Windows XP,mencari letak Microsoft Excel pada system operasi Windows Vista dapat dilakukan dengan cara mengklik tombol Start di lajur taskbar di bagian bawah layar Windows. Kemudia klik All Programs.
           Setelah itu pilih dan klik Microsoft Office. Selanjutnya pilih dan klik Microsoft Excel 2007.
 

     
5.       Eelemen – elemen dasar Jendela Kerja Microsoft Excel
a.        Tombol Office (Office Button)
Tombol Office Button pada Microsoft Excel 2007 merupakan sebuah tombol untuk pengganti menu file yg kita jumpai dalam Microsoft Excel versi sebelumnya nih sob. Tombol office berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen,seperti Membuka,menyimpan, menutup, mencetak dokumen, dan sebagainya. 

b.        Baris Tab (Tabs)
Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi, dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah untuk mengoperasikan Microsoft Excel

c.        Group
Group adalah elemen Excel yang terletak dibawah Tab, dan berisi sederetan tombol-tombol perintah dalam Microsoft Excel, untuk menjalankan suatu proses tertentu nih, dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut tuh...

d.       Quick Access Toolbar
Tombol-tombol dalam toolbar ini memiliki keistimewaan khusus ni sobat,yang terletak di bagian sudut kiri atas lembar kerjanya. Tombol-tombol perintah dalam Quick Access Toolbar ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan terutama beberapa tombol perintah yang sering digunakan.

e.        Title Bar
Title Bar ini berisi teks Microsoft Excel atau nama workbook yang aktif

f.       Minimize Button
 Tombol Minimaze ini gunanya untuk memaksimalkan atau bisa juga nih mengecilkan  ukuran jendela lembar kerja saat  mengoperasikan Microsoft Excel .

g.       Maximize Button
Maximize Button adalah tombol yang cocok. Tombol ini berguna untuk memaksimalkan / membersarkan Jendela kerja Excel sepenuh layar PC

h.      Restore Button
Restore ini berguna untuk mengembalikan besar layar pada kondisi terakhir yang sudah pernah ada sebelumnya tu. Jadi,apabila ingin mengembalikan besar lembar kerja Excelnya dari Minimize,pencetlah tombol ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgegs3hAujPJnkwzPmhOZHiCHUfMDNYiLO1FRM68DEimZtCvsbHul-Yd4JsFWBj_wNnqCkQ_By6fhodZ7vzSTBplt_VOH07IMyyCH9bTBlu1tCH02dlWIl7-5yXlKLChP7dMlvtJB3qo8g/s400/Interface+Excel+2007.png



i.         Close
Nah,ini ni... Tombol yang paling simple diantara tombol lainnya :p Tombol Close ini berguna untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.

j.          Tombol Dialog (Dialog Box Launchers)
Tombol dengan simbol "anak panah" yang terletak di bagian kanan nama group ini, berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih lengkap dan kompleks.

k.       Tabulasi Sheet
Ini adalah Tabulasi Sheet (bukan tisu lo),yang merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang berfungsi untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau Laporan-laporan

l.         Navigasi Sheet 
Navigasi sheet ini merupakan sederetan tombol perintah, yang fungsinya ituuu untuk pindah antar sheet yang sedang aktif

m.     Tombol Pengatur Tampilan Lembar Kerja 
Tombol-tombol perintah ini berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja





n.      Zoom Level
Zoom adalah memperbesar,jadi otomatis zoom level disini adalah berfungsi untuk Mengatur/memperbesar tampilan dokumen dalam lembar kerja.

o.      Nama Box
Ini adalah kotak,yang berisi referensi sel-sel yang sedang aktif dalam Excel

p.        Formula Bar (Baris Rumus)
Baris rumus ini fungsinya adalah untuk memuat isi sel-sel yang sedang aktif dalam Excel

q.      Pointer (Active Cell)
Sel merupakan suatu bagian terkecil dari workbook yang dapat diisi dengan data (datanya itu bisa berupa angka,teks,atau formula/rumus). Sel yang aktif ini mempunyai border yang lebih tebal dari sel-sel yang lain. Sekumpulan sel yang bersebelahan disebut Range.

r.        Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar)
Baris Penggulung Tegak ini biasa disebut Scroll Bar nih sob,tapi scroll bar itu ada 2,yang vertical dan horizontal. Nah,yang vertical ini berfungsi untuk menggeser layar/lembar kerja keatas atau kebawah...

s.       Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar)
Baris penggulung mendatar ini sama dengan Baris Penggulung tegak diatas,cuma bedanya yang ini Horizontal. Nah,yang horizontal ini berfungsi untuk menggeser layar/lembar kerja kekanan atau kekiri...

t.        Insert Worksheet
Insert Worksheet,yang fungsinya untuk menambah atau menyisip worksheet (lembar kerja) baru
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar