Minggu, 01 Maret 2015

Lanjutan Penggunaan Menu dan Ikon Dalam Pembuatan Dokumen Pengloah Angka



6. Mengubah Tinggi Baris
·         Pilih baris atau beberapa baris yang ingin Anda ubah.
·         Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
·         Di bawah Ukuran Sel, klik Paskan Otomatis Tinggi Baris.
·         Untuk mengepaskan otomatis semua baris pada lembar kerja secara cepat, klik tombol Pilih Semua, lalu klik ganda batas di bawah satu judul baris.




7. Menyimpan data Pada Dokumen
·         Jika dokumen telah selesai dibuat dan anda hendak menyimpannya, lakukan dengan cara klik menu Save yang berada disamping kanan ikon Word. Dengan begitu maka akan muncul kolom penyimpanan. 
·         Selanjutnya silahkan tempatkan pada drive mana file dokumen ini ingin disimpan. 
·         Kemudian, berikan nama pada file dokumen tersebut. 
·         Jika sudah selesai, silahkan akhiri dengan menekan tombol Save yang berada dibagian bawah kolom, dengan begitu kini file dokumen anda telah tersimpan. 
·         Atau cara lain yang lebih cepat adalah dengan menggunakan keyboard shortcut, yakni dengan menenkan tombol CTRL+S, maka kolom penyimpanan akan secara otomatismuncul, selanjutnya lakukan langkah yang sama seperti diatas. 

8.   Menutup Dokumen Pada Workbook
·         Klik Office Button > Close (Ctrl + W).
·         Kemudian muncul kotak dialog baru klik Yes
Close
Close

a.       Membuka File Workbook Microsoft Excel 2007
1.         Klik Office Button.
2.      Pilih New kemudian Blank Dokumen dan tekan Create atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard.

b.      Mengedit Worksheet (Editing Data)
1.      Menghapus Isi Sel
·         Tekan F5 pada keyboard sehingga akan muncul kotak dialog atau jendela Go To
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTuuTCFN0RFP8dDp3pWT1sTiHzT4obWASR3zO1r8ZGTVTTSSBcbsIZr10btEGf6gWYn4g9wuQFIsN5WSpAhHhVqJ6Qupm7pdoHpJQNbeC4OOGsQa06WIvDmLkctDET3JK_pV5talHmtlM/s1600/hapus+cepat.jpg
·         Klik tombol Special kemudian akan muncul jendela baru seperti terlihat pada gambar dibawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVKTCWyTVHMUsL4UoUhszf1S0uksvH_QNBRKk8oXn1JoX6q3iD0yFB551y6rIqsXJf_t16t_kR6-PVSjj6B4McgPNEaQi3JpPCmf29I7gu2OLRzsVGD_airl-BrpPzwW3pum95U2YgpJM/s320/trik+excel+hapus+cepat.jpg
·         Langkah berikutnya adalah pilih options Blanks kemudian klik OK maka cell kosong pada data diatas akan di blok secara otomatis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtN8JGaAbRtHTtUQnfo231ljrGU4ygL1vXU5FNfBOAuxj18_w8ot0D9-PtyHXow93icybsHzvneeqqOo8CWeggdD4qlEYtPp1XfteMQQVGU_Lab0XQiLCjf32zzPUyZRHsH0KYMyqK4nU/s320/pilih+data+kosong+cepat.jpg
·         Dari data diatas terlihat bahwa cell B4, B10, B14, B15, dan B16 terpilih secara otomatis, langkah berikutnya adalah untuk menghapus cell kosong silakan klik kanan di daerah yang sudah terseleksi atau terblok kemudian
·         pilih Deletehttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwXhGws3BlIa-1rg4Mct6UpnzUGcrhcmpLaTo-2-F-LRE-bFebVhWfFgU98g0WS6dEFwQOxXJgXEMbvkkG94JGFOhup-ef5JXgMqRzUUxPGni1SKB9pOLT_aqllmTWWY9aN0epAqf7usw/s320/hapus+cell+kosong.jpg
·         Jika selesai akan muncul jendela delete Anda tinggal pilih ajah Shift Cells Up dan tekan OK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj36bi0XOnP-8wkPVeHI5Eyy53nX8MY-HQ-5g_cqsJnpo98PfjFcJjRSQhDkTCjzQSw8_G9SyzwoTObaqrqKPxTe51l80_NBS7HtyatCY0PeJuQGEWS96xsWIqdbQKoBsLKA-anKkPck5Y/s1600/new-1.jpg

2.      Mengganti dan Memperbaiki Data dalam Sel
·         Mengganti isi Sel
Cara 1:
Klik cell yang ingin diubah
Aktifkan formula bar dengan cara klik diarea formula bar.
Cara 2:
Klik dua kali cell yang ingin diubah
Kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara 3:
Klik cell yang ingin diubah
Tekan tombol F2 pada keyboard.
Kemudian ganti isinya dengan yang baru
·         Memperbaiki Isi Sel
a.       Tekan F2 di keyboard pada cell yang akan diedit
b.      Double klik pada cell yang mau diedit
c.       Mengedit pada formula bar

3.      Memindahkan Data Pada Sel
·         Blok data yang akan disalin
·         Tekan Ctrl + X pada keyboard
·         Pilihlah cell tujuan dimana data tersebut akan dipindahkan
·         Tekan Ctrl + V pada keyboard
·         Selesai

4.      Mengkopi Data Pada Sel
·         Blok data yang akan disalin
·         Pada Tab Home di Grup Clipboard, klik Ikon Cut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQXMaDc01i2_HQnOX5HhGN7yB40ybB40ZF-u6ykTSRv2wWplVtFg6mN4Qu0QxJfaoOVSQyynya-No_vPCwtHo89DuyQkORPr_XeR2SBQwg5FUhqeTeQPgCEN4KB3i4-KeICyhQdeIGwy4x/s1600/Home+Cut.png
·         Pilihlah cell tujuan dimana data tersebut akan dipindahkan
·         Pada Tab Home di Grup Clipboard, klik Ikon Paste
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi87lVmiB7Bd0oiX9AKyRhkp0jxcXBoXCrpEB2qxcEzW8wlTFkSjuKVSSkIT7BEuhZBEst3l4S-XouHS7i9nzydudjHsPO1wFswN15LIvovH5Iwc_1Q5VAyD1ip4ZM7ob2DiEu4TqXbqV83/s1600/Home+Paste.png
·         Selesai

5.      Mencari dan Mengganti Teks atau Angka Pada Sel
·         Mencari Kata atau Angka
a.      Klik tab Home.
b.      Pada grup Editing,
c.       klik Find & Select.
d.      Klik Find.
e.      Masukkan teks yang ingin Anda cari. Klik Find Next. Klik Close untuk menutup.

·         Mengganti kAta Atau Teks
a.       Klik tab Home.
b.      Pada grup Editing, klik Find & Select.
c.        Klik Replace.
d.       Masukkan teks yang ingin Anda ganti.
e.      Masukkan teks yang akan Anda jadikan sebagai teks pengganti.
f.        Klik Find Next, lalu pada kotak dialog Find And Replace pilih tombol berikut:
g.       Klik Replace untuk mengganti teks.
h.      Klik Find Next untuk melewati teks yang telah ditemukan atau untuk melanjutkan melakukan pencarian teks lainnya (teks yang sama).
i.         Klik Replace All untuk mengganti semua teks yang ditemukan.
j.        Klik Close untuk menutup.

6.      Mengatur Perataan Pada Tek
·         Top Align Mengatur perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata atas.
·          Middle Mengatur perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata tengah.
·          Botton Align Mengatur perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata bawah.
·          Align Teks Left Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kiri.
·         Center Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengah
·          Align Teks Right Mengatur pertaan data sel pada posisi horizontal dengan rata kanan.

7.      Menghapus Sel, Baris, Kolom, dan Sheet
·         Pilih baris atau kolom yang akan di hapus. Caranya, header kolom atau baris yang hendak di hapus
·          Lalu klik menu (ribbon home).
·         Kemudian pada grup cells yang berada pada bagian kanan ribbon, dan klik tombol (delete).
·         Dan selanjutnya pada popup menu pilih itam (delete rows) Untuk menghapus baris Atau,
·         Meng klik (item delete sheet columns) Untuk menghapus kolom.
·          Kemudian baris atau kolom yang di pilih akan di hapus.

8.      Menyisipkan Sel
·         Letakkan pointer di tempat yang akan disisipkan sel. 
·         Klik menu Table  InsertCells    
·         Pilih Shift cells right untuk menyisipkan sel  dan menggeser
·         Pilih Shift cells down untuk menyisipkan sel dan menggeserka
·         Sel yang disisipkan ke bawah.
·         Pilih insert entire row untuk menyisipkan sel dalam satu baris penuh
·         Pilih insert entire coloumn untuk menyisipkan sel dalam satu kolom penuh.   
·         Klik OK

9.      Mernggabungkan Beberapa Sel dan Baris
·         Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
·         Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
·         Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
·         Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
·         Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.

10.  Mengubah Bentuk dan Ukuran Font (Huruf)
1.      Mengubah Bentuk
·         Yang pertama sekali klik (Tombol Office) Yang ada pada bagian kiri jendela Microsoft Excel.
·         Dan pada menu yang muncul klik tombol (Excel Options) Yang ada pada bagian kanan bawah.
·          Pada (Dialog Excel Options) Di panel pada bagian kiri anda klik item (Populer).
·          Dan selanjutnya pada panel di bagian kanan anda cari bagian (When creating new workbooks).
·          Lalu isi kotak (Use this font) yang semula (Body font) Gantikan dengan font pilihan anda, Misalnya, (Arial) Atau (Times New Roman).
·         Kemudian pada (font size) Anda isikan dengan ukuran yang anda inginkan, Misalnya, (12 point).

·          Kemudian anda Klik (Ok).
·         Di Microsoft Excel yang selanjutnya akan meminta anda untuk (Merestart) Atau menjalankan ulang Microsoft Excel untuk bisa merasakan dampak perubahan (Konfigurasi) Yang telah anda Lakukan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCqFCYEcNZUqiTlVM3RWFkXN7_RhzCACVmWc6DHo7YY7v1u5ewPeQLFjKTzMRymLcM_AiSsLuR-UcrmYrD7bvndX5vXJ6TMXbECHA2WfEqUTTWW1NslT7yGAd4xCEWUBZvk74gmubBr2U/s400/Cara+Mudah+Mengganti+Font+Default+Worksheet+di+Microsoft+Excel.jpg
2.      Mengubah Ukuran Font
·         Pada font size maka anda dapat mengisikan dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.
·         Lanjutkan dengan memilih "OK"
·         Terakhir microsoft excel akan meminta anda untuk merestart ulang dan akan berdampak pada perubahan konfigurasi yang telah dilakukan.Sehingga sebaiknya ketika anda mengganti font default microsoft excel dan merestart aplikasi anda sudah menyimpan pekerjaan anda.

11.  Memeberi Garis Bingkai atau Border Pada Tabel
·         sorot sel atu range yang akan diberi borde
·         Klik kanan pada range, lalu pilih Format Cells  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzzzHEbOz8dGNGScUBFa6pAhsJe1j6IG9nKtJwrJjj4TJIEGmRSf9KzrY15Ok37n4ANM0-t4iv8GgDOIIfYuKfl9rKSW_Tx1rWl0DkbO6Uu1rCi2eMDxiY5cnbalJsgagVz8E9Ebz1uDMR/s400/Untitled.png 
·          Klik tab Border sehingga muncul kotak dialog berikut :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqbnUQebsswH3a0P5kqSR905nTzUclGOCZ4rhzVsn5F4EOKq_i2hgnT72Mrj25MMWHCZ7pRlYeMSStB3r9xUsxE64xs-u2Z2F-UTmHINBZK-2zUXaxIyC-x1-lp6VYnBs6u_4rqKlyAWNr/s400/edit.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar