Minggu, 01 Maret 2015

Lanjutan Penggunaan Menu dan Ikon Pada Pembuatan Dokumen Pengolahan Kata



a.       Pembuatan Paragraf Berbutir dan Bernomor
1.      Pembuatan Paragraf Berbutir
·         Sorot paragraph yang akan diberikan karakter bullet atau tempatkan titip
sisip pada baris kosong di tempat anda memulai pengetikan.
Klik menu Format | Bullet and Numbering (Alt + O, N)

 Kotak dialog Bullets and Numbering akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicAFzwYQIxuqj5WCA-qTrWduuQZ5AZHbYKXbCPWp7e65ZbdlGgH2rJl8RGSz_dvF7k9vdsHMtQJ8qL8w0a2ynpmtMZ-PkWTZ4GFMmOR9fk2FW-TSwurzdIVWRM74yinYBLvWUn2aX4Ang/s1600/bullet.jpeg
·         Pada kotak dialog tersebut, klik tab Bulleted

·         Pilih dan klik jenis karakter bullet yang diinginkan. Jika ingin mendefinisikan bentuk bullet sendiri, klik tombol Customize. Kotak dialog Customize bulleted list akan di tampilkan seperti gambar di bawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXXMxY6IBky7UYt6wIpNdbcRFPeEJls6_2xS4Gku0Y9mYIErsVcmXmUPr3IX3LvHzH-NdmmKYkZ7sQXaouWvgPjMAR9MQZpg8IKaLWW8-KiLKQB0uEgWe9f5pdkYk7JzZ87M2xM1Ut4bg/s1600/custom.jpeg
·         Atur posisi bullet dan posisi teks.

      a. Bullet Position, Menentukan jarak bullet dengan margin kiri
      b. Tab Space after, Menentukan jarak antara bullet dengan awal teks
                pada paragraph
      c.  Indent at, Menentukan jarak bullet dengan kalimat selanjutnya.
·         Ok

2.      Pembuatan Paragraf Bernomor
·         Sorot paragraph yang akan diberi karakter number atau tempatkan titik sisip pada baris kosong di tempat anda memulai pengetikan.
·         Klik menu Format | Bullets and Numbering (Alt + O, N)
Kotak dialog Bullets and Numbering akan di tampilkan seperti gambar di bawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinL4gGAV8Yck-l0kqLuF9UDO4sHg088xxG6oTY4CS1axaB1nDCzXDnE1V2_ULiRUvWKVe2DS3e-4iNLuA_Er2ZPNP3LZYADPvqP0S0xjCKVOgJRDPBg9LG-L5QVPB7L1hIxWXNk7nXZyg/s1600/bullets1.jpeg

·         Pada kotak dialog tersebut, klik tab Numbered
·          Pilih dan klik jenis karakter numbered yang diinginkan. Jika ingin mendefinisikan bentuk numbering sendiri, klik tombol customize. Kotak dialog Customize Numbered List akan di tampilkan seperti gambar di bawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1YMriV2HQakNnVYSruKEGCNDATsKRInadoNJVN3WKsXV7N-jpX-jZIWTUekSoQBsc49tFCwpxfEnYHnjcqWS-zmrTwOjfEussDBgrrKeFUWNHVRQdKdcoM0bADEzj6Jnz2ba09h-SbjM/s1600/custom1.jpeg


b.      Membuat Teks Bentuk Kolom pada Paragraf
1.      Buka lembar kerja ms word anda yang sudah berisi artikel yang akan dibagi menjadi beberapa kolom
2.      Blok tulisan yang akan di buat kolom. Anda bisa membuat kolom untuk satu paragraf saja atau semua tulisan yang ada dalam lembar kerja anda. jika anda ingin membuat kolom untuk semua tulisan yang ada pada lembar kerja anda, anda tingga klik CTRL+A untuk mem-blok semua tulisan, atau anda juga dapat menyeleksi sebagian saja.
3.      Selanjutnya klik menu page layout, kemudia pilih menu columns pada group page setup.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2sF4x_Zl3EUwBCh1nQMBDnuW1P82UNPX-ky89LMtbAPNSME84vKbgdmUwMi3q2ghwAlxxoWQT69PxicW7je0h6Of6QCSqbY3ZFKKv27TP-XIJ-nss2tiK4M2ZVuspyrZ5j7NSLW_eS4A/s1600/columns.jpg
4.      Pilih two untuk membagi menjadi 2 kolom, three untuk membagi menjadi 3 kolom, left untuk membagi kolom dengan ukuran lebih kecil dibagian kiri dan right unruk membagi kolom dengan ukuran lebih besar dibagian kanan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlAtoXint3ghjib2sC2fWlAGvVzrd3crEhxc9ESnxSqXLvsrEJinRXJIUB2obPh1cGKdLoRU8X9D8QemzkSDfr4Q0DZ3IEyWaCQTQ50TxuaArcNfgfzW9xn5YrlhyEiXph7MZveVQKB9s/s1600/columns+ms+word.jpg
5.      Untuk edit kolom yang sudah dibuat, ulangi langkah no. 3 dan pilih more columns
6.      Edit kolom dengan sesuai dengan keinginan anda

c.       Memberi bingkai (Border) dan Bayangan pada Paragraf
1.       Memberi Bingkai (Border) pada Pargarf
·          Pilih teks baris atau paragraf yang ingin di kasih bingkai
·         Klik tab menu Home, klik icon menu Border and Shading pada ribbon Paragraph.
·         Klik tab Border, pada bagian Setting pilih Box, Style : Pilih garis sesuai contoh, Color: Automatic, Width: 3.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhx2tYiT7MBexUa8Y4iqXtZGFIMlkirzsvKeRLb3GaVFinEKGOJWOOxicVumx8TBuB_FcRsknvLC0mnP0645JA7kfCW4ZRECPaaW2-DaC2BW9e4YgEGp5VO8jjjMYsVqo0ztA3j3U7SOv4/s320/bingkai+paragraf.png
·         Pada Aplly to pilih text atau paragraf (sesuai kebutuhan). Kemudian klik tombol OK
2.       Memberi Bayangan pada Paragraf
·         Seleksi paragraf yang akan dibuat berbayang.
·         Pada tab Home, dalam grup Paragraph, klik panah di sebelah Border, dan kemudian klik Borders and Shading.
·         Di bagian Setting, pilih efek Shadow.
·         Pada menu drop-down Width, pilih “1/2 pt” untuk bayangan tipis (sesuai selera juga boleh).
·         Klik OK. Lihat perubahan yang dilakukan Microsoft Office Word 2007.


3.       Memberi Warna dan Corak Latar Belaknag pada Teks atau Paragraf
·         Langkah  yag pertama, buka program aplikasi Microsoft Word pada komputer anda. Untuk membukanya, bisa anda lakukan dengan cara, klik menu Start yang terdapat dibagian pojok kiri bawah layar monitor. Kemudian klik pada menu All Programs, selanjutnya silahkan cari folder Microsoft Office, jika sudah ditemukan pilih pada program Microsoft Word
·         Tunggu sementara dokumen Microsoft Word terbuka.
·         Selanjutnya untuk dapat memberikan background warna pada tulisan didokumen Microsoft Word. Pastikan terlebih dahulu anda harus memiliki sebuah dokumen yang ingin diberikan warna.
·         Kemudian jika dokumen sudah tersedia, pada menu bar pastikan jika tab yang anda pilih adalah tab Home.
·         Selanjutnya, silahkan blok/sorot terlebih dahulu tulisan yang ingin anda berikan warna.
·         Kemudian pada submenu Font, pilihlah menu “Text Highlight Color” dengan simbol huruf “ab” (kecil).
·         Silahkan klik anak panah kecil, dan pilih warna yang anda sukai. Jika pemilihan warna sudah selesai, anda bisa melihat kini tulisan tersebut telah diberikan warna. 

4.       Memberi Garis Mendtaar (Horizontakl Line) pada Teks atau paragraf
·          Pilih menu ribbon (Insert) Lalu pilih juga (shape).
·          Dan dari daftar (shape) pilih (Garis).
·          Lalu klik pada sebuah titik awal.
·          Kemudian tekan dan tahan tombol (SHIFT).
·          Untuk membuat garis horizontal, Pindahkan kursor mouse secara horizontal. Baik ke Arah Atas, Maupun ke arah Bawah. dari titik semula kemudian klik. Sambil menekan tombol (SHIFT).
·          Saat ini garis telah di bentuk, Jika anda berhasil di jamin garis sudah Lurus.

5.       Memberi Garis Tepi pada Halaman
·         Buka Program Microsoft Word 2007
·         Klik Office button di pojok kiri atas
·         Klik Word Option (short key : i) letaknya dibawah sebelah kiri Exit Word
·         Klik Advanced
·         Cari Show document content dan klik (centang) pada Show text Boundaries
Word Option
Word Option
·         Terakhir Ok

d.      Menyisipkan atau Menempatkan Dokumen pada Teks
1.      Menyisipkan Simbol pada Teks Dokumen
·         Langkah yang pertama, terlebih dahulu silahkan buka Program Microsoft Word pada komputer. Caranya, klik menu Start – Al Programs – Microsoft Office – Microsoft Word. 
·         Langkah kedua, pada menu bar pastikan jika tab yang anda pilih adalah tab Insert. 
·         Untuk dapat menyisipkan simbol, anda akan melihat submenu Symbols yang terdapat dibagian pojok paling kanan. 
·         Silahkan klik menu tersebut, disana anda akan melihat banyak simbol dan untuk menampilkan lebih banyak simbol, klik pada menu “More Symbols...”
·         Selanjutnya, silahkan pilih simbol mana yang ingin anda sisipkan. 
·         Kemudian untuk menyisipkannya klik pada tombol Insert. 
·         Jika sudah diklik untuk dapat melihat simbol, klik pada tombol Close. Dengan begitu anda bisa melihat simbol sudah tertera pada dokumen.

2.      Menyisipkan Gambar atau Foto
·         Langkah pertama, buka terlebih dahulu lembar kerja Microsoft Word dengan cara: Klik menu Start – All Programs – Microsoft Office – Microsoft Office Word. 
·         Kemudian, pastikan jika anda telah terlebih dahulu memiliki gambar yang ingin anda masukan pada lembar kerja di Microsoft Word. 
·         Jika lembar kerja telah terbuka, pada menu bar silahkan pilih tab “Insert”. 
·         Kemudian pilih ikon Picture. 
·         Selanjutnya, silahkan cari pada drive mana file gambar disimpan. 
·         Jika sudah ditemukan, klik satu kali pada gambar kemudian klik tombol Open, agar gambar bisa buka untuk kemudian disisipkan pada lembar kerja. 
·         Sekarang anda bisa melihat jika foto atau gambar telah disisipkan, selanjutnya anda bisa menyunting gambar dengan memperkecil atau memperbesar gambar dengan cara klik pada gambar, kemudian jika sudah muncul garis yang mengelilingi gambar arahkan kursor pada  salah satu ujung garis, kemudian tarik gambar keluar atau kedalam sesuai kebutuhan. 

3.      Menyisipkan Clip Art
·         Pada menu bar pilih Insert -> Picture -> Clip art..

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_fiPl1lF-ywdxzLy5g5uCt8Urg1_8iI89lqBTqu1kl8wzqSToxAduIu2m_owEHDOLVcLIZdMUf6o26hxzkNsstpcu0PqPfv91UIVmVvUfDYXAfcCSnbmrn8XdgsKh-I3jJp2hyphenhyphenLwYi4A/s320/insert+clipart+001.jpg
2. Pada kotak Clip art pilih Organize clips..

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ7SgjObEo1FA-NHfbj1dALq2VtIQMfnKRQj-lfsS0Hgl_fRVuPIjNJuIXXuH3b42j1pUhJbij0zhgh1LggwGnw2daQ0Ab_TPxiqY4MoAv7tDMn2XEqI7bZxt1diyHms8XdRAQxhMzYi8/s320/insert+clipart+002.jpg
·         Dalam daftar "Collection List" Pilih " Office Collections" pilih folder "Animals -> Wild"

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjR-doFyhyphenhyphen6eCYNSYBrELR7xby8qNUuVkIS5peDN6S-N9FNDVY8d9pdgHxp8MVJylvpro7NUoPRg8MPLMgjWPNDSRhYgeaLKuFIk2eNcZKB7NVTUBBLP5-2IKESuJBdv6BftB6MMVG6yUg/s320/insert+clipart+003.jpg
·         Klik gambar yang ada diselah kanan tampilan, klik panah turun (disamping gambar harimau). Klik Copy

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjp3Ozcax0YK0txHj8Szdxh6m15F2hXMQu2Fcr1GdCpUQviCcp2BVhF-mjvsMDxaNiCE9cjOGXei5-X9VsrwvotymcBJiIr94Jm5-A_gXbFn1Fv1mp4w0d4TfPITzTXLdAqDTbkRfVsWJ8/s320/insert+clipart+004.jpg
5. Pada menu bar pilih "Edit -> Paste"

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgF9zSmT0eVg_7fvfQcflN8S-lKNCOShXUXcifpCcTt7GEhD0-4J_qQX0jilOVWsndqt9rWjMVOJaeIUXKOrAcjcaviKzTHAAT2MJjmKU_hACuPOhCJ4sUu1Mh9A2iFesMca4yWj4nb1d8/s320/insert+clipart+005.jpg
·         Gambar akan muncul di lembar kerja
Agar gambar bisa digeser atau diatur, maka klik kanan pada gambar, pilih "Format Picture"

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiN0H5WVNZbGc3GrMiy65gprSqFT6BRSQ_Qv3xFyh_Y38jYWXQji6_-brWNFBy9XRCtTAxZ-_EBcZrpfnpDOcxFvSO6RzTF4y6VXGiZncqVPW5TVZLlmhEOdqAOZEs6hW2_mYgHR2iBQV8/s320/insert+clipart+006.jpg
·         Pilih tab "Layout"
Pilih "Behind the text" (anda bisa memilih option lain)
Klik OK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjs49yq-3Slsm6OEd32R63IV2D8SGpI3r_rkMhw_i85IOZVqi_NSh3Rr1Rb3VMDs_qVw0kf3VqKPfIT8oDbpfbe5RIomeeuX-eGYB3Pxu1WW5BOUTd5qF_D4SZ8tSGTZ2FIODycYKmjexI/s320/insert+clipart+007.jpg
·         Tampilannya akan tampak seperti di bawah, dan gambar sudah bisa digeser menyesuaikan dengan teks.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdRRS3gfkpkwUUdH4sF8_GQCALW30FpePeLg9f8K3afRmYe91kdw1oMTtjb_xa2Yxkzwpq-lLMfxi61Yen0Nl4tL1TtJuoPZKM6UXjYd8xeDaNEfucDvDV-Ia9F2QAN6N-us6kVj7u4g0/s320/insert+clipart+008.jpg
4.       Menyisipkan WordArt atau Variasi Teks.
a.        Pilih dan klik Ribbon Insert
b.      Pilih dan klik WordArt pada grup Text
c.        Pilih jenis WordArt yang kamu inginkan.
d.       Ketikkan teks yang kamu inginkan.
e.      Klik Ok.


5.      Menyisipkan Shapes
·         Buka lembar kerja ms word
·         Klik insert pada menu bar 
·         Pada group atau kolom illustration pilih shape.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghC9-tFuPON8VNZhXFinuikwGWwu5rFOBxWeiD6KMKnvauG0sEi9texcd4F7SB6r28iDmungvZQSsFfu9SPQM0Df39W2rs3RX5KA7sjiewvt-zd79J82Np_nLH1WiyaXfUwCztBkF8euA/s1600/shape.jpg
·         Selanjutnya pilih bentuk shape yang diinginkan, bisa berupa lingkaran, garis, persegi, segitiga dan lain-lain.
·         Setelah anda selesai memilih shape yang diharapkan, klik kiri pada mouse dan tahan kemudian tarik untuk membuat shape.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmgpJy6c73TuOMtOUOK_voDc0KEzVwPv11FTmC86O868K9L5AMz5wN_HCZcl0iXs31U-GuXsYgHs_AuZlgAAn-zzQt8UY8jjLl-W94rnGZWZV5gGqrGHWsdWvbIlwy3-FTYghuUAcchck/s1600/shape+oval.jpg
·         Untuk memodifikasi shape yang sudah dibuat klik format pada menu bar, dan pilih style sesuai dengan keinginan anda. Anda juga bisa menambahkan bayangan pada shape anda juga memberi effects 3D pada shape anda.
e.      Mengatur Format Halaman
1.       Menentukan Ukuran Kertas
·         Pada Menubar microsoft office word, pilih atau klik page layout
·         Pada kolom page setup, pilih pengaturan yang anda inginkan yang meliputi: orientation, size, coloums
·         Atau anda bisa memilih margin untuk memilih detail dari pengaturan. Ketika anda memilih margin maka akan terdapat pilihan kebawah yan meliputi las custom setting, normal, narrow, moderate dan lain-lain. akan tetapi jika anda ingin mengatur custum setting sesuai dengan keinginan anda maka pilih custom Margins pada menu bagian bawah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgG6KJ3m_dnGLLwqutuGtiH9NOPgToxNpwe2JbAZB0c4rsT-xH-bD1utL7cHfHUMHQ9C0VpZJQXocjiw00OEL23MNqPQuVq6cz5aGWPwr5qDTgGYzzlk1dBp0x7NiZQp-3NnY_pLtf5kzs/s1600/page+layout+ms+word.jpg
·         Maka akan muncul jendela Page Setup, disana terdapat pengaturan margin, paper dan layout.
·         Pada menu margin terdapat pengaturan margin: left, right, top dan bottom. Orientation: Portrait dan Landscape dan lain lain.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAH45-_KmyqZUEyCmjAU5TiW7rhMe04-1lYzf-6qNPvZxMnKJVzqmITdB26tfDiBLv039rZj7O_7I9X_0qAZvld4nDZT01Yw-5rsCELUqYZKRw5ZX08lPxlnEtAeZgruUKn78FmyJYqgs/s1600/margin+ms+word.jpg
·         Pada menu paper, kita bisa mengatur ukuran kertas sesuai yang kita inginkan. klik paper size untuk memilih ukuran kertas yang diinginkan misalnya letters, A4, A5, Legal dan lain-lain. Atau kita bisa membuat custom paper sesuai dengan keinginan kita dengan menggati ukuran Width dan Hight.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQyMIoXjNQG-HvZQ8HD8tLV0aPCZS-86Wfn_4GavvwtI_lAUCS9gcY93PYGOCoiZci82I4UdDG4UVZ9-0XgvwtWgm-vYbN89T-cYdKmItej7vh6mb_7WBZSOBmh9pmAJyBDtEhUSbAKHI/s1600/paper+microsoft+word.jpg
·         Pada menu Layout kita bisa mengatur Section, Header dan Footer.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdAMnY6f5nBb53n8XrRuRw89ydJkzZ7Mo2H_QZpISNIk3n43I1FKrofrASTHxKXwWwMcloTpxapW_OwVO-1F1yWNpZXo_SDRyFeY6rzWvQ9Ew1ZY5_Fu7lkuCDXng1TK-hJBihGp9f4cA/s1600/layout+ms+word.jpg
·         Jika semua sudah pengaturan sudah sesuai dengan keinginan, maka klik OK.

2.       Mengatur Margin
·         Cara klik ribbon [Page Layout ] trus klik [Margin] . Selanjutnya dari daftar margin pilih salah satu item.
Daftar setting margin yang tersedia di di microsoft word 2010
·         Bila ukuran margin yang ada tidak sesuai dengan keinginan anda, maka klik tombol [Custom Margin] yang ada di bagian paling bawah.
·         Pada dialog Page setup anda dapat mengatur margin sesuai dengan keinginan anda. Isikan ukuran margin pada kotak [Top ] untuk margin atas, [Bottom ] untuk margin bawah, [Left ] untuk margin kiri, dan terakhir [Right ] untuk margin kanan.
·         Misalkan anda ingin membuat ukuran margin kiri dan atas sebesar 4 cm, serta margin kanan dan bawah sebesar 3 cm maka berturut-turut isi margin [Top] , [Bottom] , [Left ] dan [Right ] adalah 4 cm , 3 cm , 4 cm , dan 3 cm . satuan cm bisa tidak di tulis jika unit satuan default pada microsoft word anda sudah menggunakan cm , tetapi untuk kepastian lebih baik diketik sekalian.
·         Setelah ukuran margin selesai di isi dan diatur, langkah selanjutnya klik tombol [OK] .
Mengatur sendiri ukuran margin kertas  di microsoft word 2010


3.       Mengatur Orientasi Halaman
·         Langkah yang pertama, tentunya terlebih dahulu silahkan buka program aplikasi Microsoft Word pada komputer anda. Caranya, saat pertama kali komputer terbuka dan aktif, silahkan klik menu Start yang terdapat dibagian pojok kiri pada layar monitor. Kemudian lanjutkan dengan mengklik menu All Programs, selanjutnya silahkan cari folder Microsoft Office dan jika folder sudah terbuka silahkan pilih Dokumen Microsoft Word. 
·         Langkah kedua, jika dokumen telah terbuka pada menu bar pastikan jika tab yang dipilih adalah tab Page Layout. 
·         Langkah ketiga, jika tab sudah diklik maka, anda akan melihat banyak submenu dibawahnya. 
·         Pada submenu Page Setup, silahkan klik menu Margin. 
·         Kemudian pilih menu Custom Margin. 
·         Selanjutnya pada kolom Orientation, misalkan jika anda ingin merubahnya pada tampilan Ladscape, silahkan pilih Landscape. 
·         Kemudian jika sudah dipilih, silahkan tekan tombol OK, dengan begitu anda dapat melihat orientasi tampilan halaman telah berubah.



4.       Membuat Header dan Footer
a.        Klik Tab Insert
b.      Pilih Header atau Footer. Word menampilkan ribbon tollbar Header dan Footer akan 
        muncul seperti gambar di bawah ini, selanjutnya pilih jenis yang diinginkan.
hdr1
Gambar Menu Header

ftr1
Gambar Menu Footer

b.       Jika ingin membuat Header, pastikan kursor terdapat diatas halaman dokumen.Setelah itu ketikanlah teks apa saja misalkan nama, nomor, dan identitas
c.       Jika ingin membuat Footer, pastikan kursor dibawah halaman dokumen. Setelah itu ketikanlah teks apa saja misalkan nama, nomor, identitas, judul, nomor halaman, dan tanggal
d.      Jika sudah selesai membuat Header dan Footer, dapat kembali ke window dokumen dengan mengklik Close Header and Footer
hdr2
e.          Kalau ingin menghapus Header dan Footer sangat mudah, hanya dengan mengklik da kali ke halaman Header dan footer yang akan dihapus lalu hapus header dan footer dengan Delete
f.       Setelah menghapus teks yang ada di Header dan Footer tidak akan tertayang lagi ketika kembali ke window dokumen



5.       Memberikan Nomor pada Halaman
·         Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number.
Header Footer Group
·         Pilih letak nomor halaman:
                                                                          i.      Top of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian atas (header).
                                                                        ii.      Bottom of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian bawah (footer).
                                                                      iii.      Page Margins, untuk menempatkan nomor halaman di dekat marjin halaman.
                                                                      iv.      Current Position, untuk menempatkan nomor halaman di posisi kursor.
·         Klik bentuk nomor halaman yang diinginkan dari galeri.
·         Tutup header/footer dengan mengklik ganda pada area dokumen atau klik tombol Close Header and Footer.


f.        Membuat dan Menempatkan Tabel dalam Dokumen
1.       Membuat Tabel dengan Mouse
·         klik menu Insert,
·          kemudian klik tombol Table, nanti akan muncul kotak-kotak di bawahnya.
·         Silahkan tentukan banyak kotak yang kamu inginkan, dengan cara menggeser ke  kotak tersebut, setelah digeser tinggal klik saja.
·         Tabel pun akan tampil pada lembar kerja.
menyisipkan tabel
2.       Membuat Tabel Melalui Perintah Insert Tabel
·         Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Insert Table untuk memunculkan kotak dialog.
·         Di bagian Table size, masukkan jumlah baris dan kolom.
·         Di bagian AutoFit behavior, buat pilihan untuk menyesuaikan ukuran tabel.

3.        Membuat Tabel dengan cara Menggambar Tabel

·         Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Draw Table.

·         Pointer akan berubah menjadi pensil.

·         Buat kotak persegi. Kemudian buat garis kolom dan baris di dalamnya.

·         Untuk menghapus garis, pada Table Tools, Design tab, Draw Borders grup, klik Eraser.

·         Klik garis yang ingin dihapus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar