Minggu, 01 Maret 2015

Lanjutan Kecepatan Akses dan Perangkat Keras Internet dan Intranet



B. Perangkat Keras Tambahan Beserta Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet
1. Komputer untuk server
 
Komputer  server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (computer client), karena berfungsi memberikan layanan maka pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak. Oleh sebab itu komputer server biasanya mempunyai kemampuan yang lebih handal dibanding computer client. Di internet komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu.

2. Komputer untuk Workstation (client)
Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer klien biasanya mempunyai kemampuan yang lebih rendah dari pada komputer server. pada saat kita mengakses internet komputer kita dapat disebut komputer klien karna komputer kita menerima layanan dari komputer server milik website yang kita kunjungi.


3. LAN Card atau NIC ( Network Interface Card )

Pada komputer MAC  menggunakan satu kotak khusus ynag ditancapkan ke port serial atau SCSI port. Sedangkan pada notebook menggunakan PCMCIA. slot untuk memasang kartu jaringannya. Kartu jaringan yang biasa digunakan adakan kartu jaringan Ethernet dan kartu token ring.

4. HUB Konsentrator
HUB merupakan perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dan tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dengan menggunakan HUB kita dapat menambah workstation setiap saat tanpa mengganggu jaringan lain yang sedang beroprasi.
Ciri-ciri HUB adalah :
a. Umumnya terdiri atas 8 port, 12 port, 24 port, 48 port dengan konektor RJ 45
b. Digunakan pada topologi bintang
c. Harganya terjangkau
d. Mudah digunakan
5. Kabel
    Kabel merupakan peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan server dengan workstation. Macam-macam kabel antara lain:
a. Kabel caoxsial
    kabel caoxsial memiliki hubungan antartitik koneksi maksimum 500m untuk thick caoxsial. Keuntungan untuk kabel data caoxsial adalah harga yang murah dan tidak memnutuhkan HUB.
b. Kabel twisted pair
    Kabel twisted pair terbagi menjadi 2 jenis yaitu shielded unshielded. shielded memiliki selubung pembungkus sedangkat unshielded tidak. untuk koneksinya kabel ini menggunakan konektor jenis RJ - 11 atau RJ 45.
c. Kabel fiber optic (FO)
    Jaringan yang menggunakan FO biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Kecepatan pengiriman data dengan menggunakan FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

6. Conector RJ 45

Alat konektor yang dipasangi di setiap ujung kabel UTP yang menghubungkan antar komputer, HUB maupun switch.
7. UPS (Uninterupted Power Supply)

Alat yang berfungsi sebagai back up tegangan alat listrik sekaligus menstabilkan tegangan.
8. Printer

Printer digunakan untuk mencetak hasil kerja pada kertas komputer. Ketika kita menggunakan internet mungkin kita dapat menggunakan internet unuk menampilkan beberapa informasi dari internet melalui media kertas kerja.
Selain ketiga perangkat utama di atas terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:

1. Switch

Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

2. Repeater
http://resiari.files.wordpress.com/2011/02/repeater1.jpg

Repeater adalah Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .

3. Bridge


http://anim325.files.wordpress.com/2010/09/bridge.jpg
Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

4. Router
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWBG-G38cplVM5yWVlXhcPyT9P2s4sZPmI-apKqAKMkidb-6zyWYBE3MRMzqU9AyxI3bWRcRVHu7Z1pUJou563MHVJYcjuvGvwOLVTeEaqknRrfrJzxTTD4HUY6BUV_yZuui154aVF-Zoc/s200/router.jpg
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar